Sukses

Plasenta Tidak Keluar Semua

18 Oct 2014, 03:41 WIB
Wanita, 32 tahun.
Dear Dokter, Dok, saya baru melahirkan 11 okt kemarin,dengan persalinan normal.Namun kata dokter, ada sedikit sisa plasenta yg menempel dan sulit sekali di ambil. tgl 25 okt kontrol lagi, wktu di usg masih kelihatan sisa ari2 tsb. Yng mau saya tanyakan: skrg perut saya sakit apabila di tekan2 saya ada Maag, nafsu makan saya berkurang, pdhl saya menyusui.terasa mual.nifas sdh tdk byk.Apakah sakit di perut saya itu maag atau tifus atau karena sisa ari2 yg msh tersisa.tgl 1 nov bsk saya kontrol kembali, apakah saya hrs kuret dok? kemungkinan apa yg terjd apabila sisa ari2 yg lengket tsb masih ada di perut saya? knp tdk luntur bersama nifas? mohon pencerahannya ya dok. sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda.

Saya mengerti perasaan khawatir yang anda rasakan.

Pada dasarnya sisa plasenta harus dikeluarkan, karena sisa plasenta tentu akan menganggu lapisan dari rahim anda. Biasanya sisa plasenta menyebabkan keluhan seperti perdarahan pasca melahirkan yang tidak kunjung berhenti. Jika anda sudah ebrkonsultasi dengan dokter kandungan tentu dokter tersebut akan memeriksa kondisi anda secara keseluruhan dan akan memberikan berbagai pertimbangan solusi. Pada beberapa wanita plasenta/ ari-ari akan tertinggal dan hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya bisa saja implantasi plasenta yang terlalu dalam pada rahim anda. Namun itu hanya satu penyebab dari berbagai penyebab lain.

Mengenai perut anda yang suka sakit, perut yang sakit dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Jika penyebabnya adalah maag, biasanya nyeri berada di daerah ulu hati, mual dan muntah. Selain itu keluhan juga dipengaruhi oleh makanan. Apabila nyeri karena tifes, biasanya disertai demam yang meningkat pada malam hari. Sulit bagi saya untuk menegakkan diagnosis hanya berdasarkan informasi yang anda berikan. Diagnosis yang tepat harus didasarkan pada pemeriksaan fisik langsung pada seorang pasien.

Apakah anda memiliki gejala lain seperti perdarahan yang terus menerus? Jika anda sudah kontrol ke dokter ahli kebidanan, saya sarankan terus konsultasikan keadaan anda, sehingga ditemukan solusi yang tepat. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga anda lekas mendapatkan solusi atas permasalahan anda. (AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar