Sukses

Toleransi Glukosa Terganggu

20 Oct 2014, 05:19 WIB
Pria, 18 tahun.
terimakasih dok atasa jawaban nya, saya tida punya keturunan diabetes dok ! tapi saya pernah di cek lagi 1 jam setelah makan gula darah saya 104, makanan yang saya makan nasi dan telur kecap manis , maksudnya gangguan toleransi gula itu apa dok ? terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Pertama saya akan menjelaskan mengenai definisi diagnosis diabetes.Diagnosis diabetes melitus hanya dapat ditegakkan setelah terbukti dengan pemeriksaan gula darah. Kadar gula darah yang jelas mengindikasikan diabetes adalah yang berada dalam kisaran > 200 mg/dl untuk kadar gula darah sewaktu (GDS) atau >=126 mg/dl untuk kadar gula darah puasa (GDP). dan juga perlu diperiksa Kadar gula darah saat 2 jam setelah minum larutan glukosa 75 gram (2 jam post prandial/2jamPP). Bila kadarnya >=200 mg/dl maka dapat dipastikan Anda menderita diabetes, kadar 140-199 mg/dl dikatakan Anda menderita gangguan toleransi glukosa, dan kadar < 140 mg/dl menandakan bahwa Anda tidak menderita kedua keadaan tersebut (normal). 
 
Untuk tes gula darah sesudah makan, ada baiknya anda melakukan di laboratorium yang sudah terjamin. Tes ini bukan berarti anda makan dan kemudian dilakukan pengetesan gula darah dengan menggunakan glukosa stick. Untuk melaksanakan tes ini dengan benar, ada komposisi dan jumlah makanan yang harus anda makan, dan dilakukan pengecekan dua jam kemudian. Jadi agar lebih akurat saya menyarankan anda mengulangi pemeriksaan tersebut di laboratorium.
Gangguan toleransi gula adalah satu tahap sebelum diabetes, atau tahap prediabetes. Jadi jika sudah termasuk ke dalam kategori ini disarankan agar anda merubah pola hidup anda.
Demikian penjelasan dari saya. Semoga bermanfaat. (AN)
 
Salam
Tim redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar