Sukses

Apakah Saya Diabetes?

30 Oct 2013, 20:31 WIB
Pria, 18 tahun.
salam kenal dari saya dok , knpa yah saya sering kesemutan , itu terjadi setiap hari , keringat saya juga dingin , kencing saya dikerubuni semut , karna saya penasaran air urin saya pun saya cicipi , rasanya pait bukan asin, beberapa hari yang lalu saya emang sering kencing di tengah malam , tapi napsu minum saya tetap normal, kalau masalah lapar saya emang dari dulu tida pernah teratur kalau makan , tapi saya masih normal makan sehari 3x, saya juga pernah ke laboratorium , gula darah sewaktu saya 94 , tapi tensi darah saya tinggi 135/80 , tapi pernah juga tekanan darah saya rendah 80/80 , sekarang juga saya sering gatal gatal , bahkan di telapak tangan saya timbul bintik bintik merah , rasanya gatal , penglihatan saya juga sering terganggu , apakah saya punya penyakit diabetes atau yang lainnya , terimakasih dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda.

Saya mengerti rasa khawatir yang anda rasakan.

Melihat umur anda yang masih muda dan hasil pemeriksaan lab anda, kemungkinan kecil anda menderita diabetes. Diabetes yang menyerang anak muda adalah diabetes tipe 1, namun diabetes ini dikarenakan kekurangan insulin sehingga diperlukan suntikan insulin berkala untuk menggantikan insulin tubuh yang tidak diproduksi.

Keluhan kesemutan dan gatal dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Walaupun diabetes juga dapat menyebabkan keluhan tersebut, sepertinya terlalu dini untuk menyimpulkan bahwa anda menderita diabetes. Sekedar informasi bahwa diabetes ditegakkan berdasarkan gejala yang dialami oleh penderita (cepat lapar, merasa kecning terus, haus terus, penurunan berat badan) ditunjang dengan hasil pemeriksaan labberupa gula darah.

Saya mengerti rasa was-was yang anda rasakan, untuk sementara ini saya menyarankan anda untuk berpola hidup sehat, makan yang bergizi, makanan lebih baik direbus daripada digoreng, perbanyak makan sayur dan buah. Rajinlah olah raga, setidaknya 3-4 kali per minggu. Konsultasikan secara langsung kondisi anda dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan langsung karena tidak ada yang dapat menggantikan pemeriksaan langsung oleh dokter.

Semoga informasi ini membantu anda. (AN)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar