Sukses

Benjolan Payudara

30 Oct 2013, 12:51 WIB
Wanita, 37 tahun.
Selamat pagi Dok, Saya ingin mengajukan pertanyaan perihal payudara. beberapa bulan lalu sekitar 4 bulan lalu, mulai timbul adanya perubahan di payudara kanan saya. awalnya seperti benjolan urat terjepit berwarna hitam kebiruan (saya kira karena terjepit waktu memakai bra. Tapi sampai sekarang benjolan itu tetap ada, tidak besar hanya seukuran tahi lalat, tetapi tidak sakit sama sekali. apakah itu berbahaya? ataukah saya harus melakukan cek up? kalau perlu saya harus memeriksakan diri kemana? Terima kasih atas infonya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti rasa khawatir yang anda rasakan. Benjolan pada payudara bisa berupa pembengkakan semata saja, infeksi atau  berupa tumor yang jinak maupun yang ganas. Untuk membedakannya perlu diketahui karakteristik pembengkakan tersebut, seperti:

  • Ukurannya, apakah semakin bertambah besar
  • Permukaannya: licin atau berbenjol
  • Dapat digerakkan atau tidak (menempel pada kulit)
  • Bagaimana keadaan kulit  di atasnya
  • Apakah ada nyeri
  • Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)

Sayang sekali kami tidak mengetahui dengan jelas jenis dan letak benjolan Anda, apakakh di payudara kiri atau kanan. Diperlukan pemeriksaan langsung terhadap benjolan tersebut. Sudah berapa lama benjolan ini ada? Apakah semakin membesar?

Saya menyarankan anda berkonsultasi dengan dokter terdekat, dokter umum pun sebenarnya sudah cukup kompeten untuk mendeteksi gangguan payudara.

Untuk menambah wawasan anda tentang payudara, saya sertakan artikel: 5 Medical Check Up Wajib untuk Wanita.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (AN)

Salam,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar