Sukses

Benjolan di Ketiak

30 Oct 2013, 13:55 WIB
Pria, 21 tahun.
Dear Tim Redaksi Klikdokter , Mohon maaf jika sebelumnya pertanyaan diatas kurang jelas penjabarannya . Awalnya benjolan tersebut berada di ketiak kiri bawah lalu kemudian ada benjolan kecil lagi di ketiak sebelah kanan tepat d bagian tengah (ukurannya sebesar kelereng kecil) ,sakit jika di sentuh/digerakkan,muncul pada awal bulan dan menghilang sekitar 1 bulan kemudian,berwarna putih dan rasanya seperti menempel. Dan dalam riwayat keluarga belum ada yang pernah terkena kanker . Apakah hal tsb juga karena siklus haid saya yg tidak teratur ya dok ? Mohon penjelasannya . Terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Dari keterangan yang Anda berikan, benjolan tersebut membesar dan mengecil (mungkin mengikuti siklus haid?) merupakan indikasi bahwa benjolan tersebut terkait dengan hormon. Perubahan hormonal selama siklus menstruasi membuat ukuran benjolan bertambah dan berkurang dan menyebabkan rasa nyeri. Jadi, kemungkinan benjolan tersebut bukan merupakan kelenjar limfe yang bengkak. 

Terdapat tiga kemungkinan penyebab benjolan yang perlu disingkirkan:

  1. Jaringan payudara aksesoris yang terdapat pada 2 - 6% perempuan dan tidak memiliki fungsi khusus namun dapat membesar pada awal pubertas, kehamilan, atau saat menyusui.
  2. Keganasan payudara
  3. Lipom yaitu tumor jaringan lemak jinak yang dapat menyebabkan nyeri bila menekan saraf di bawahnya.

Untuk menyingkirkan kemungkinan-kemungkinan ini, kami menyarankan agar Anda mengunjungi dokter penyakit dalam atau bedah. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisis dan radiologis. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar