Sukses

Menangani Hidrokel Pada Anak

18 Oct 2014, 16:57 WIB
Pria, 5 tahun.
dok, anak saya buah zakarnya kcl sebelah, setelah sy periksa ke dok ank & dok bedah katanya hidrokel, apakh hidrokel itu harus di operasi kalo tidak apakah ada efek sampingnya setelah dewasa
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Hidrokel merupakan sebuah kantung yang berisi cairan yang mengelilingi testis sehingga menyebabkan pembengkakan kantung kemaluan (sktorum). Keadaan ini umum ditemukan pada bayi baru lahir. Sebagian besar hidrokel menghilang sendiri tanpa terapi dalam 1 tahun pertama kehidupan. Anak laki-laki yang lebih besar dapat mengalami hidrokel karena proses peradangan atau cidera dalam kantung kemaluan.  

Hidrokel umumnya tidak berbahaya dan tidak mempengaruhi kesuburan, namun dapat dihubungkan dengan kondisi testis yang dapat menyebabkan komplikasi serius seperti infeksi atau hernia inguinalis. 

Hidrokel yang tidak menghilang dengan sendirinya perlu ditatalaksana dengan tindakan operasi (hidrokelektomi) ataupun disedot isi cairannya dengan jarum. Diskusikanlah dengan dokter bedah anak Anda mengenai pilihan terapi yang sesuai untuk anak Anda. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

  •  

    0 Komentar

    Belum ada komentar