Sukses

Perlukan Tambahan Susu Formula?

20 Oct 2014, 09:59 WIB
Wanita, 29 tahun.
Dok saya mau tanya, susu formula tambahan apa yang ccok buat anak saya usia 2 bulan, soalnya kuat sekali mnumnya sampe2 ibunya kewalahan.Terima kasih atas jawaban dokter
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Ibu. Anak Ibu baru berusia dua bulan. Menurut panduan Badan Kesehatan Dunia, ASI sebaiknya diberikan selama 6 bulan pertama tanpa makanan tambahan apapun (ASI eksklusif) karena nutrisi yang dikandungnya sudah mencukupi untuk 6 bulan pertama kehidupan. Penelitian-penelitian terbaru menemukan berbagai manfaat ASI yang tidak terkira sehingga diperolehlah rekomendasi ASI eksklusif selama 6 bulan. 

Air susu ibu (ASI) adalah sebuah cairan tanpa tanding ciptaan Yang Maha Kuasa untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi dan melindunginya dalam melawan kemungkinan serangan penyakit. Keseimbangan zat-zat gizi dalam air susu ibu berada pada tingkat terbaik dan mudah dicerna oleh bayi baru lahir.

ASI kaya akan sari makanan, paling higienis, dengan temperatur yang tepat dan kadar gizi yang paling dibutuhkan oleh bayi. Makanan-makanan tiruan untuk bayi berupa susu formula tidak ada yang mampu menandingi keunggulan ASI. Daftar manfaat ASI bagi bayi selalu bertambah setiap harinya. Salah satu hal yang menyebabkan ASI sangat dibutuhkan bagi perkembangan bayi yang baru lahir adalah kandungan minyak omega-3 asam linoleat alfa untuk perkembangan otak dan saraf.

Janganlah menyerah untuk mencoba memberikan ASI pada bayi Ibu. ASI akan semakin banyak mengalir bila payudara semakin sering dihisap oleh bayi. Karena itu, ingat untuk selalu sodorkan payudara setiap kali bayi menangis. Hal ini perlu dilakukan demi terlaksananya ASI eksklusif.

Produksi ASI sangat dipengaruhi kondisi psikis Ibu. Bila hati ibu tenang, bahagia, maka produksi ASI akan berlimpah. Saat pemberian ASI, hisapan bayi dapat merangsang produksi hormon prolaktin (hormon yang dapat merangsang pengeluaran ASI). Sedangkan jumlah prolaktin yang diproduksi akan tergantung dari frekuensi dan intensitas hisapan bayi.

Kandungan susu formula dibuat semirip mungkin dengan ASI. Semua susu formula memiliki standar kandungan yang sama walaupun merknya berbeda-beda. Jadi, tidak ada susu formula yang lebih baik/cocok untuk anak kecuali ada kondisi atau penyakit tertentu. Selama produksi ASI masih ada, teruslah memberikan ASI. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar