Sukses

Hamil Lagi Setelah Baru Melahirkan

19 Oct 2014, 07:22 WIB
Pria, 26 tahun.
Saya ingin bertanya, istri saya baru melahirkan sekitar 6 bulan yang lalu, dan sekarang sudah hamil kembali. Usia kandungan istri saya sekitar 1 Bulan, yang saya mau tanyakan apakah aman. Dan bagaimana menjaga agar tetap sehat selama di kandungan. Karena rutinitas istri saya yang seorang tenaga medis.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Kami mengerti kekhawatiran Anda. Jarak antara kehamilan yang baik adalah antara 9-24 bulan setelah persalinan terakhir, untuk memberikan waktu bagi organ-organ reproduksi dan keseluruhan tubuh ibu kembali menyesuaikan dan siap menerima kehamilan kembali.

Penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa, jarak kehamilan dari 1 tahun dapat meningkatkan risiko persalinan bayi prematur dan bayi dengan berat lahir rendah, keguguran, komplikasi dalam kehamilan, pertumbuhan janin terhambat, kelainan plasenta, perdarahan dalam persalinan, dsb. 

Kehamilan dan menyusui dapat mengurangi cadangan nutrisi yang penting seperti besi dan asam folat. Kedua zat nutrisi ini harus dipenuhi salah satunya dengan mengkonsumsi suplemen kehamilan. Kami menyarankan agar istri Bapak kontrol teratur ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dipantau keadaan kesehatan ibu serta janinnya. Mudah-mudahan dengan pemantauan yang baik, komplikasi yang mungkin muncul dapat diantisipasi atau dicegah.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar