Sukses

Cervical Spondylitis

20 Oct 2014, 08:51 WIB
Pria, 33 tahun.
Selamat pagi, Mohon informasinya dokter. Langsung saja. Saya ada gangguan di kepala bagian belakang, teresa panas terbakar dan pusing tidak pernah sembuh apalagi sangat terasa di pagi hari. Sudah periksa ke dokter saraf dan tulang, CT scan dan rontgen. Dikatakan karena leher kaku oleeh dokter tulang dan CVS/Cervical Spondylosis (atau entah apa namanya) Tetapi setelah minum obat (sampai ganti beberapa kali) dan terapi, gangguan tsb masih. Sebagai informasi, pekerjaan saya dulu adalah drafter yang mengharuskan selalu duduk di depan komputer. Gangguan tersebut saya rasakan semenjak th 2006-sekarang. Demikian mohon penjelasannya dan diucapkan terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Cervical Spondylosis merupakan sebuah istilah umum untuk keadaan robek atau ausnya bantalan tulang belakang di bagian leher. Bantalan tersebut dapat menjadi kering dan mengecil, dan menimbulkan gejala-gejala osteoarthritis.

Keadaan ini sangat umum dan bertambah berat seiring dengan bertambahnya usia. Pengaruh keturunan atau genetik juga terlibat. Pada beberapa kasus, keadaan ini tidak menimbulakn gejala. Bila terdapat gejala, umumnya berupa nyeri dan kaku pada bagian leher. 

Faktor lain yang mempengaruhi adalah riwayat penggunaan leher yang berlebihan. Pekerjaan yang menuntut kita diam dalam posisi duduk menatap layar komputer selama berjam-jam juga merupakan beban tersendiri terhadap leher. 

Untuk mengatasi keadaan ini, dapat diberikan obat serta terapi. Obat yang diberikan berupa pelemas otot, obat anti kejang, atau injeksi steroid. Fisioterapi dapat membantu meregangkan dan menguatkan otot leher serta bahu. Jika cara-cara konservatif ini tidak membantu, maka mungkin diperlukan tindakan operasi. 

Diskusikanlah dengan dokter Anda mengenai keluhan Anda serta pilihan terapi yang diambil. Apakah memang diperlukan tindakan yang lebih agresif. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar