Sukses

Pandangan Mata Kabur

01 Nov 2013, 18:05 WIB
Pria, 43 tahun.
Dokter, setiap hari, sepertinya pandangan saya tidak begitu mantap,jika membaca perlu cahaya yang cukup terang dan pakai kaca mata utk baca, jika tidak pakai kaca mata utk baca, sepertinya kurang terang, walaupun masih terbaca. Jika berjalan atau diluar ruangan, terasa pandangan tidak begitu terang dan mantap, apakah pengaruh faktor usia Dok? saya pernah kir,saran dokter, saya mesti pakai kaca mata utk jauh, ukurannya 0,5, bagaimana ini Dok? saya jg dikasih salep mata Cendo mycos, apakah berbahaya jika terkena bola mata? utk tetes mata saya dikasih F-RHED, saya baca, bs mengakibatkan pandangan kabur dan katarak, apa benar Dok? please help me. Terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Keluhan pandangan yang kabur dapat disebabkan oleh beberapa hal. Pandangan kabur menunjukkan suatu gangguan di dalam daya lihat atau kemampuan mengfokuskan mata terhadap suatu benda. Hal ini seringkali merupakan salah satu gejala dari kelainan refraksi. 

Kornea dan lensa mata berperan layaknya lensa kamera, berfungsi memfokuskan cahaya yang masuk ke dalam mata untuk membentuk bayangan pada retina yang terletak di belakang mata. Pada keadaan normal, lensa mata dapat beradaptasi (berakomodasi) sesuai jauh-dekat objek yang dilihat. Bila cahaya dapat terfokus pada satu titik sempurna di retina, maka akan terbentuk bayangan yang jelas. Bagaimanapun, bila cahaya terfokus di depan atau belakang retina, maka bayangan yang terbentuk akan tampak kabur. Keadaan ini disebut sebagai kelainan refraksi.

Yang termasuk di dalam kelainan refraksi antara lain adalah miopi (mata minus/rabun jauh), hipermetropi (mata plus/rabun dekat), dan astigmatisma (silinder). Miopi terjadi ketika bayangan benda jatuh terfokus pada depan retina. Keadaan ini timbul akibat bola mata terlalu panjang atau daya akomodasi lensa terlalu kuat. Sebaliknya, hipermetropi terjadi ketika bayangan benda jatuh di belakang retina akibat bola mata pendek atau daya akomodasi lensa terlalu lemah. Berbeda dari dua sebelumnya, astigmatisma terjadi akibat kelainan kelengkungan permukaan kornea dan lensa sehingga cahaya yang masuk tidak akan jatuh pada satu titik.

Seperti yang telah Anda sebutkan, dokter mendiagnosis Anda menderita rabun jauh. Selain itu, terdapat keluhan pandangan buram ketika membaca dalam jarak dekat yang menunjukkan Anda juga mengalami rabun dekat. 

Obat tetes mata yang Anda dapatkan mengandung steroid dan antibiotik. Apakah memang ada tanda infeksi pada mata? Anda dapat memastikan dengan dokter mata Anda mengenai tatalaksana yang ia berikan lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar