Sukses

Temuan Kalsifikasi Pada Mammogram

01 Nov 2013, 18:32 WIB
Wanita, 48 tahun.
Dear Dokter, Bulan lalu saya cek mammography dan usg payudara saya di Mount E, Sing, untuk rutin cek aja. Analisa dari radiologistnya mengatakan ada 4 titik kecil2 dibawah puting sebelah kanan atau mereka bilang calcification di perkirakan 30-40% risk kanker.Selanjutnya dokter mammogram menyarankan untuk di bedah dan di ambil beberapa centi untuk di biopsi. karena posisi sulit di bawah puting jadi harus di anestesi total. Tetapi dokter ini dan juga gynocologist saya pun tidak 100% yakin apa ini beresiko 30- 40 % kanker. Saya tidak yakin krn tidak merasakan apapun dan 4 butiran kecil (1 mm) bisa kemungkinan lemak atau sel2 tua lainnya. saya masih dikasih waktu untuk berpikir dan saya berencana mencari dokter lain sebagai alternatif. Apakah dokter bisa memberi pendapat untuk hal ini. terima kasih atas bantuan dan informasinya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudari yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Mamografi merupakan pemeriksaan yang memiliki sensitifitas dan spesifisitas tinggi. Artinya mamografi merupakan modalitas yang baik untuk mendeteksi tumor maupun mikrokalfisifikasi pada payudara. 

Mikrokalsifikasi merupakan deposit atau timbunan kalsium pada jaringan payudara. Timbunan ini tampak seperti titik-titik putih atau flek pada mamogram dan biasanya berukuran sangat kecil sehingga tidak dapat dirasakan. Kalsifikasi payudara banyak ditemukan pada pemeriksaan mamogram dan terutama banyak terdeteksi setelah menopause. Walaupun umumnya kalsifikasi pada payudara bersifat jinak, kalsifikasi dengan pola tertentu (seperti berkelompok dan berbentuk ireguler) dapat mengindikasikan kanker payudara. 

Bila memang gambaran kalsifikasi mencurigan, pemeriksaan tambahan seperti mammogram yang dimagnifikasi atau biopsi jaringan. Kami menyarankan agar Ibu mendiskusikan lebih dalam mengenai hal ini dengan dokter Ibu. Selain itu, Ibu juga dapat mendapatkan second opinion dari dokter bedah onkologi/tumor. Bawalah hasil pemeriksaan mammogram sehingga dapat dinilai oleh beliau. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


 

    0 Komentar

    Belum ada komentar