Sukses

Benjolan Payudara: Kanker?

19 Oct 2014, 19:24 WIB
Wanita, 24 tahun.
Hai dok.. Gini dok, -/+ setahun yg lalu saya menderita penyakit kulit herpes di bawah ketiak kanan hingga menjalar ke samping payudara saya dan ada sedikit di bahu belakang.. Alhamduliah setelah proses pengobatan herpes saya mulai menghilang begitupun bekasnya.. Namun masih terlihat di samping payudara.. Nah, di payudara saya memang aga besar sebiji kacang kedelai, tp setelah sembuh, di tempat tersebut ada benjolan sebesar kacang kedelai jg dok.. terkadang benjolan itu menimbulkan rasa nyeri dan senut2.. jika di tekan2 jd terasa nyeri.. kadang2 rasa nyeri itu suka menghilang dan muncul lg dan menghilang lg dalam waktu tidak tentu.. Sebelumnya saya pernah konsul dengan dokter yg menangani penyakit saya kemarin, beliau bilang benjolan ini tdk masalah, benjolan ini bukan benih kanker payudara.. Lalu saya diberi obat anti nyeri.. tp tidak saya minum karena takut obat ini justru akan menjadi pemicu awal dari kanker payudara.. Apakah benjolan ini awal dr kanker payudara dok..??? atau benjolan biasa yg tidak perlu saya khawatirkan..??? Saya benar2 sangat khawatir dok.. Mohon di balas ya dok.. Trims
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Benjolan atau tumor pada payudara bisa berupa tumor yang jinak maupun yang ganas. Untuk membedakannya perlu diketahui karakteristik tumor tersebut, seperti:

  • Ukurannya, apakah semakin bertambah besar
  • Permukaannya: licin atau berbenjol
  • Dapat digerakkan atau tidak (menempel pada kulit)
  • Bagaimana keadaan kulit  di atasnya
  • Apakah ada nyeri
  • Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)

Sayang sekali kami tidak mengetahui dengan jelas jenis dan letak benjolan Anda, apakakh di payudara kiri atau kanan. Diperlukan pemeriksaan langsung terhadap benjolan tersebut. Sudah berapa lama benjolan ini ada? Apakah semakin membesar?

Dokter Anda sudah memeriksa Anda dan menentukan bahwa benjolan tersebut tidak berbahaya, namun jika Anda masih khawatir, tidak ada salahnya Anda melakukan pemeriksaan mammografi atau USG payudara untuk mengetahui dengan pasti benjolan tersebut. Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Saya sertakan artikel: 5 Medical Check Up Wajib untuk Wanita.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (JF)

Salam,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar