Sukses

Apakah Terkena Diabetes?

20 Oct 2014, 09:25 WIB
Pria, 18 tahun.
(kumkum sanjaya) saya mau tanya dok , saya sering kesemutan , mata saya juga aga aga rabun , sering gatal dari kaki dan tangan , sering keluar keringat dingin itu setiap saya keringatan slalu keluar keringat dingin , air kencing saya di kerubuni semut , sering kencing kalau di tengah malam, tapi menurut saya ,saya tida gampang haus, dan kalau soal makan , saya emang gampang lapar , karna dari kecil saya tak pernah makan teratur , saya pernah ke laboratorium untuk memeriksa kesehatan saya , gula darah saya 94, tapi setiap saya tensi darah , tensi darah saya naek turun secara cepat , bahkan saya pernah 80/80 tensi darah saya, apakah saya terkena diabetes , mohon jawaban nya dok , terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Bapak/Saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Diagnosis diabetes melitus hanya dapat ditegakkan setelah terbukti dengan pemeriksaan gula darah. Kadar gula darah yang jelas mengindikasikan diabetes adalah yang berada dalam kisaran > 200 mg/dl untuk kadar gula darah sewaktu (GDS) atau >=126 mg/dl untuk kadar gula darah puasa (GDP). Pada kasus Anda, dimana kadar GDS berada di bawah 100 mg/dl tidak mengindikasikan adanya penyakit diabetes, namun perlu dilakukan 2 kali pengukuran agar dapat lebih dipastikan bahwa Anda menderita diabetes, atau tidak.

Dan, lebih baik lagi jika dilakukan pemeriksaan toleransi glukosa yaitu kadar gula darah diperiksa saat 2 jam setelah minum larutan glukosa 75 gram (2 jam post prandial/2jamPP). Bila kadarnya >=200 mg/dl maka dapat dipastikan Anda menderita diabetes, kadar 140-199 mg/dl dikatakan Anda menderita gangguan toleransi glukosa, dan kadar < 140 mg/dl menandakan bahwa Anda tidak menderita kedua keadaan tersebut (normal).


Diabetes memberikan gejala khas seperti cepat haus, cepat lapar dan sering buang air kecil. Selain itu juga terdapat penurunan berat badan yang drastis yang tidak dapat dijelaskan. Diagnosisnya memang harus didukung dengan pemeriksaan gula darah. Apakah Anda memiliki anggota keluarga yang menderita diabetes? Anda belum perlu kuatir jika gejala-gejala di atas tidak ada pada diri Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar