Sukses

Stretch Marks pada Pria

20 Oct 2014, 10:11 WIB
Pria, 20 tahun.
Dok, saya Mahasiswa yg bekerja juga sebagai Personal Trainer Gym/Instruktur Fitness,umur saya 20 th, nah sayangnya di kedua lengan atas saya ada regangan-regangan kulit, saya kira ini stretch marks, saya mulai fitness ketika umur 18 th, saya jadi kurang pede dihadapan para pengunjung, dan gak bisa konsen karena harus sibuk mengalihkan pandangan para pengunjung. Nah yg saya tanyakan : 1. Apakah benar ini strecth marks? 2. Apa benar, strecth marks bisa terjadi pada pria? 3. Apakah kegiatan Fitness saya mempengaruhi terbntuknya strecth marks? 4. Lalu tindakan yg bisa saya lakukan apa dok utk mengatasi ini? Terimakasih.:)
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Stretch marks dapat terjadi pada pria maupun wanita dan biasanya terjadi pada kondisi di mana kulit sempat meregang (seperti dalam kehamilan, kegemukan) dan kemudian mengalami penurunan berat badan sehingga kulit yang sempat meregang. Stretch marks juga dapat terjadi pada masa pertumbuhan cepat pada masa pubertas karena tubuh tumbuh dengan cepat seperti pada usia Anda. Stretch marks juga sering terjadi jika terdapat riwayat dalam keluarga. Apakah ada riwayat obat-obatan kortikosteroid yang Anda gunakan? Bagaimana dengan riwayat berat badan Anda? Prosedur fitness apa saja yang Anda lakukan? Adakah prosedur yang menyebabkan peregangan terus menerus?

Untuk memastikan diagnosis, diperlukan pemeriksaan langsung. Jika stretch marks mengenai bagian tubuh cukup luas maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter. Pada pengaruh karena pertumbuhan cepat masa puber, stretch marks pada remaja pria dapat terjadi pada daerah bahu dan punggung. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk menentukan apakah stretch marks yang Anda alami merupakan kondisi yang normal terjadi atau diperlukan pemeriksaan hormon untuk mengetahui apakah ada kondisi kesehatan lain yang mendasari stretch marks Anda. Adakah keluhan lain yang Anda rasakan? Sudah berapa lama usia stretch marks Anda? Usia stretch marks juga mempengaruhi pilihan penanganan.

Pilihan-pilihan penanganan stretch marks saat ini meliputi:

  1. Krim tretinoin. Krim tretinoin memperbaiki stretch marks dengan meningkatkan pembentukan kolagen dan dapat membantu memperbaiki stretch marks yang usianya kurang dari 2-3 bulan dan masih berwarna kemerahan. Penggunaan krim tretinoin pada stretch marks yang berusia lebih dari 2-3 bulan tidak efektif. Namun, krim tretinoin tidak dapat digunakan pada Ibu hamil dan menyusui.
  2. Terapi Laser. Penanganan dengan laser bertujuan untuk menstimulasi pembentukan kolagen, elastin atau melanin di kulit. Penggunaan tipe laser berbeda-beda bergantung dengan usia dan lokasi stretch marks serta warna kulit Ibu.
  3. Mikrodermabrasi. Penanganan dengan mikrodermabrasi bertujuan untuk menghilangkan lapisan kulit yang paling luar dan memicu pertumbuhan lapisan kulit baru yang lebih elastis. Penanganan dengan mikrodermabrasi ini efektif untuk stretch marks yang usianya sudah lama.

Untuk mendapatkan penanganan tersebut, Anda dapat mengunjungi dokter spesialis kulit atau dokter ahli estetika yang terlatih dengan terlebih dahulu dinilai kondisinya oleh dokter.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar