Sukses

Anak Sulit BAB

29 Oct 2013, 11:04 WIB
Wanita, 37 tahun.
dok, anak saya berusia 2 tahun,, udah agak lama BAB nya itu kurang lancar (sering keras) , saya sudah coba pake mikrolax bila 4 hari gak BAB trs pake opilax untuk mencaharkan feses nya setelah abis obat maka feses nya akan kembali keras, pdhl anak saya suka makan sayuran kalo buah2n dia gak suka,maka saya suka kasih fruitblen,mungkin karna fesesnya sering keras anak jadi trauma kalo mau BAB selalu ditahan jadinya feses yang tdk keras juga karna ditahan trs akhirnya jadi keras, nah yang saya tanyakan gmn solusinya menghadapi anak saya itu?makasih dok sebelumnya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya memahami kekhawatiran Anda.

BAB pada anak memang bergantung pada asupan makanan yang diberikan. Apakah anak Anda diberikan susu formula? Jika memang asupannya sedikit maka BABnya juga menjadi jarang dan jika telah mengkonsumsi susu formula maka akan mempengaruhi frekuensi BAB anak. Sedangkan susu formula lebih sulit untuk dicerna, umumnya gerakan usus pada bayi-bayi ini lebih lambat sehingga mengakibatkan BAB lebih jarang, tinjanya lebih tebal. Selain itu jika frekuensi masuknya susu juga kurang, bayi cenderung lebih sulit BAB.

Yang perlu anda khawatirkan adalah jika penurunan frekuensi BAB pada bayi anda disertai dengan timbulnya keluhan-keluhan seperti bayi menjadi lebih rewel, perut kembung dan teraba keras, sering muntah, berat badan tidak naik, dll. Jika hal-hal tersebut terjadi pada bayi anda, kami sarankan sebaiknya anda segera membawa bayi anda ke dokter spesialis anak.

Untuk informasi Anda, saya sertakan artike tentang penyebab dan solusi sulit BAB pada anakl: 4 Penyebab Anak Sulit BAB 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaatt. (EA)

Salam,

Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar