Sukses

Hernia dan Usus Buntu

20 Oct 2014, 02:04 WIB
Pria, 22 tahun.
dok,bedanya usus buntu dan hernia pa ya dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda,

Usus buntu (appendisitis) merupakan suatu peradangan pada bagian usus yang disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi, peyumbatan dan beberapa hal lagi. Gejala yang dapat muncul adalah nyeri pada perut bagian tengah yang dapat menyebar ke perut kanan bawah, dapat disertai mual, muntah, kesulitan makan, dan gangguan pencernaan lain. Usus buntu juga dapat ditandai dengan adanya peningkatan sel darah putih. Terapi untuk usus buntu akut adalah dengan tindakan operasi, namun untuk kasus kronis dapat diberikan anti-nyeri/radang dan antibiotik, namun pada akhirnya pun tetap harus diangkat. Bila usus buntu sudah meradang dapat sudah ada tanda infeksi maka dapat terjadi komplikasi yang berat seperti infeksi pada perut yang dapat berakibat kematian. 

Hernia, merupakan penonjolan isi suatu rongga melalui defek atau bagian lemah dari dinding rongga bersangkutan. Tujuh puluh lima persen dari seluruh hernia abdominal terjadi di inguinal (lipat paha). Yang lainnya dapat terjadi di umbilikus (pusar) atau daerah perut lainnya.Hernia bisa terjadi pada beberapa tempat, antara lain lipat paha, buah zakar, pusar hingga otak.

Keluhan yang dirasakan dapat dari yang ringan hingga yang berat. Keluhan hernia umumnya adalah terdapatnya benjolan (bisa di selangkangan, kantong kemaluan, pusar) yang hilang timbul dan umumnya terjadi pada saat mengangkat benda berat, batuk, dan mengedan (peningkatan tekanan intraabdominal atau tekanan pada perut).

Karena pada dasarnya hernia merupakan isi rongga perut yang keluar melalui suatu celah di dinding perut, keluhan berat yang timbul disebabkan karena terjepitnya isi perut tersebut pada celah yang dilaluinya (yang dikenla sebagai strangulasi). Jika masih ringan, penonjolan yang ada dapat hilang timbul. Benjolan yang ada tidak dirasakan nyeri atau hanya sedikit nyeri dan timbul jika kita mengedan, batuk, atau mengangkat beban berat. Biasanya tonjolan dapat hilang jika kita beristirahat.

Untuk informasi selengkapnya mengenai hernia maka anda dapat membacanya dalam artikel kami yang berjudul HERNIA

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat (EA)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar