Sukses

Azoospermia

29 Oct 2013, 17:27 WIB
Pria, 35 tahun.
Dear dokter... Diucapkan terimakasih atas pencerahan yang diberikan mengenai azoosperma, sebenarnya saya sudah konsultasikan ke spesialis andrologi dari tahun yang lalu dengan mengkonsumsi obat untuk penurun dan penstabil hormon kususnya hormon FSH yang nilainya di atas batas wajar. namun sampai saat ini masih belum ada tanda2 untuk memperoleh keturunan karena masih dengan hasil azoosperma. apa yang harus saya lakukan agar benar-benar bisa meyakinkan bahwa masalah ini bisa teratasi karena biaya yang ditimbulkan dari obat2an dan pemeriksaan kondisi ini ternyata tidak sedikit.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Hasil sperma "0" disebut juga azoospermia. Azoospermia yaitu suatu keadaan dimana tidak ditemukan sperma dalam cairan ejakulat (semen). Cairan ejakulat adalah cairan yang keluar saat seorang pria ejakulasi. Sperma adalah sel yang diperlukan untuk membuahi sel telur pada proses fertilisasi. Kondisi ini dapat terjadi akibat sumbatan saluran sperma, atau akibat penurunan produksi sperma dalam buah zakar. Untuk mengetahuinya, perlu dilakukan serangkaian pemeriksaan meliputi pemeriksaan fisis langsung, pemeriksaan sperma, hingga pemeriksaan hormon. 

Sumbatan saluran sperma dapat disebabkan oleh infeksi (testis, prostat), genetik, trauma atau operasi atau radiasi. Sedangkan azoospermia karena penurunan produksi sperma dapat disebabkan oleh genetik, obat-obat tertentu (steroid, alkohol, merokok, narkoba), radiasi, varikokel, pajanan pestisida, panas, cidera genital. Terapinya tentu tergantung dari penyebabnya. Bagaimana dengan Anda? Apakah penyebab dari azoospermia Anda berdasarkan hasil konsultasi dengan dokter spesialis Andrologi tersebut?

Pemeriksaan analisis sperma yang ideal adalah dengan berpuasa hubungan seksual selama 2-5 hari, tetapi jangan hinggal lewat dari 1-2 minggu. Hal ini bertujuan untuk mendapat kualitas dan kuantitas terbaik dari sperma.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar