Sukses

Perkembangan Bicara Anak

20 Oct 2014, 09:33 WIB
Pria, 6 tahun.
Anak saya usia 6tahun,kelas 1 sd negeri. sampai sekarang anak saya masih belum bisa berkomunikasi dengan benar (setiap diberi pertanyaan,pasti susah untuk menjawab),dia juga belum bisa bercerita tentang aktivitas yang baru saja dia jalani.Dia juga belum bisa ngobrol seperti teman2 sebayanya.tapi dia bisa mengikuti semua pelajaran SD. kira-kira anak saya kenapa ya dok?mohon petunjuknya, karena ada yang bilang anak saya semi autis, hiperaktif dan lain-lainnya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Saya memahami kekhawatiran anda terkait perkembangan bicara anak anda.

Pertama izinkan saya menjelaskan tentang perkembangan anak. Setiap anak berbeda dalam kecepatan pertumbuhan dan perkembangan. Namun ada target perkembangan yang umum dijadikan standar. Cara untuk mencapai perkembangan yang optimal adalah dengan stimulasi yaitu meningkatkan respon terhadap anak. Stimulasi yang tepat adalah berkembang sesuai dengan tahapan anak. mari kita lanjutkan dengan pembahasan tentang gangguan bicara pada anak. Namun mengingat anak anda sudah enam tahun, seharusnya perkembangan bicara sudah cukup baik.

Gangguan bicara dan bahasa adalah salah satu penyebab gangguan perkembangan yang paling sering ditemukan pada anak. Penyebab keterlambatan bicara sangat luas dan banyak, Gangguan tersebut ada yang ringan sampai yang berat, mulai dari yang bisa membaik hingga yang sulit untuk membaik. Keterlambatan bicara fungsional merupakan penyebab yang sering dialami oleh sebagian anak. Keterlambatan bicara golongan ini biasanya ringan dan hanya merupakan ketidakmatangan fungsi bicara pada anak. Pada usia tertentu terutama setelah usia 2 tahun akan membaik. Bila keterlambatan bicara tersebut bukan karena proses fungsional maka gangguan tersebut harus lebih diwaspadai karena bukan sesuatu yang ringan.

Jika anak anda sudah berusia enam tahun namun belum dapat berkomunikasi dengan baik, maka saran saya coba dikonsultasikan secara langsung ke dokter anak, karena tentu ini merupakan sesuatu yang perlu diterapi.

Semoga informasi ini membantu. (AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar