Sukses

Naik Motor dan Keguguran

20 Oct 2014, 02:47 WIB
Wanita, 22 tahun.
selamat sore dokter,, kembali ni saya mau bertanya tentang kandungan,,, 1. apabila kita hamil muda misalnya baru 1-2 minggu kurang,, setiap kali berangkan selalu memakai kendaraan entah roda dua maupun roda empat,, setiap kali naik kendaraan saya merasa was-was takut terjadi sesuatu hal yg tidak diinginkan,, apakah dengan pemikiran seperti itu yg kekhawatirannya sangat takut sekali dapat menyebabkan, pembuahan gagal dan keluar menjadi darah haid??? 2. kembali dgn pertanyaan sebelumnya yg bahaya perokok pasif,, apa dengan menggunakan masker bisa mengurangi berbahayanya gejala perokok pasif??? 3. saya pernah baca artikel tentang tanda" awal kehamilan,, dan salah satunya keluar bercak darah,, apa bercak darah itu seperti darah haid,, yg volumenya aga banyak atau hanya bercak saja,,??? semoga dokter bisa memberikan waktu luang untuk menjawab pertanyaan" saya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih ,,
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda

Sebenarnya naik motor tidak berhubungan dengan keguguran atau pembuahan yang gagal. Jadi anda tidak perlu mengkhawatirkan tentang hal tersebut. Yang penting adalah menjaga kesehatan kehamilan dengan makan makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup.

Terkait pertanyaan kedua anda, dengan menggunakan masker sebenarnya anda mengurangi paparan asap rokok terhadap diri anda, namun tetap saja tidak menghalangi seluruh asap rokok yang masuk. Saya sangat menghargai keinginan anda dalam membatasi diri anda dari asap rokok.

Terkait pertanyaan ketiga anda tentang tanda kehamilan, keterlambatan haid merupakan salah satu tanda kehamilan, namun wanita dengan keterlambatan haid belum tentu hamil

Untuk memastikan apakah hamil atau tidak, lebih baik dilakukan pemeriksaan kehamilan. Pemeriksaan kehamilan yang paling sederhana adalah tes pack, yang dapat Anda beli di apotek terdekat. Tes pack lebih baik dilakukan pada pagi hari saat bangun tidur, dan memiliki sensitivitas yang tinggi. Tes ini dapat mendeteksi kehamilan meskipun terlambat haid 1 hari. 

Tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  •  Sering berkemih

  •  Pembesaran dan nyeri payudara

  •  Mual

  •  Perasaan lelah

  •  Daerah sekitar puting susu menghitam

  •  Peningkatan suhu tubuh

  •  Flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

  •  dsb

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  •  Terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan

  •  Terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi

  •  Terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Semoga informasi ini membantu (AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar