Sukses

Sakit Kepala

25 Oct 2013, 16:32 WIB
Wanita, 21 tahun.
Saya disini mau bertanya tentang 2 keluhan berbeda yang tidak saling berhubungan (sepertinya). Pertama, sudah beberapa minggu ini saya mengalami sakit kepala di sebelah kiri bagian belakang, seperti ada yang mengganjal. Saya tidak merasa pusing, tapi lebih terasa seperti nyeri/segrik-segrik(bhs.jawa). Waktunya tidak lama, namun sering terjadi. Saya bukan orang yang sering mengalami pusing/sakit kepala sebelumnya, saya juga jarang sakit, sakit paling hanya flu yg bisa segera sembuh dengan makan sehat dan cukup tidur. Saya tidak pernah minum obat sakit kepala sebelumnya, sehingga saya biarkan saja sakit ini. Apakah ini gejala migrain atau sakit kepala biasa atau ada penyebab lain ya? Kedua, saya kadang-kadang mengalami dada nyeri di payudara bagian kiri. Ini sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu. Saya tidak pernah tahu nyerinya terjadi setiap apa, waktu nyerinya juga berubah-ubah, dan tidak setiap hari. Kadang sebentar, kadang lama. Ketika nyeri tidak ada pengaruh apa-apa dengan bagian tubuh lain, jadi hanya nyeri saja. Sekitar Agustus kemarin, sewaktu akan mendaftar disebuah universitas, saya diminta memberikan laporan kesehatan secara lengkap. Maka saya melakukan beberapa tes di rumah sakit. Hasilnya adalah saya ada sedikit bronkitis dan lemah jantung, mengenai darah, penglihatan, dan lain2 semuanya baik2 saja. Sewaktu periksa jantung, petugas menempelkan alat di dada saya, dia sempat bertanya ada benjolan ya? Saya jawab tidak ada, karena saya memang merasa demikian. Ibu saya dulu adalah mantan penderita kanker payudara dan kanker rahim, dan keduanya sudah dioprasi pengangkatan. Apakah riwayat kesehatan ibu saya ini ada hubungannya dengan keluhan yg saya alami? Apakah ada kemungkinan ini kanker atau sakit nyeri dada yang disebabkan oleh hal lain?? Mohon bantuannya, karena saya merasa sedikit khawatir. Terimakasih banyak untuk bantuannya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda

Saya mengerti kekhawatiran anda.

Sakit kepala sebelah belakang sebelah bisa diakibatkan oleh banyak penyebab, salah satunya migraine. Migren dapat terjadi pada sebelah dahi, seringkali dapat mencapai daerah mata, pipi, dan dapat disertai dengan keluhan mual, muntah, pandangan kabur, tidak nafsu makan, mual, muntah, perubahan mood, dsb yang akan mengganggu kualitas kerja penderitanya. Dasar penyebab migrain adalah adanya pelebaran/pembengkakan pembuluh darah otak yang akan menimbulkan nyeri akibat penekanan ke jaringan sekitarnya.

Migrain memang dapat dicetuskan oleh berbagai faktor seperti makanan, alkohol, stres, dan faktor hormonal. Penelitian yang dilakukan oleh Mukamal dkk menunjukkan bahwa keluhan migrain juga dapat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan seperti temperatur udara, kelembaban, dan tekanan barometrik.

Terkait keluhan kedua anda, sulit bagi saya menegakkan diagnosis tanpa melakukan pemeriksaan fisik langsung pada diri anda. Namun sesuai dengan pengakuan anda, bahwa anda pernah dikatakan bronkitis dan lemah jantung, saya sarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Apakah kanker payudara dan rahim berhubungan dengan kelainan anda yang sekarang? Sepertinya tidak, namun perlu anda ketahui bahwa jika anda memiliki riwayat kanker payudara, saya menyarankan agar anda juga memeriksakan payudara anda secara rutin untuk skrining kanker payudara.

Tidak ada yang dapat menggantikan pemeriksaan langsung pada diri anda, jadi saya sarankan agar anda berkonsultasi pada dokter secepatnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar