Sukses

Kehamilan Anggur

25 Oct 2013, 14:22 WIB
Wanita, 23 tahun.
selamat siang dok, dok,teman saya sudah menikah dan telat menstruasi selama 6 bulan. setelah di USG,kata dokter itu bukan hamil karena isinya kosong. kata orang itu hamil anggur. apa sebenarnya hamil anggur itu dok??dan disebabkan oleh apa??benarkah junk food/fast food itu faktor utamanya?? terima kasih dok.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pertama izinkan saya menjelaskan beberapa hal terkait kehamilan anggur.

 

  1. Mola hidatidosa (hamil anggur) adalah kelainan di dalam kehamilan di mana jaringan plasenta (ari-ari) berkembang dan membelah terus menerus dalam jumlah yang berlebihan. Mola dapat mengandung janin (mola parsial) atau tidak terdapat janin di dalamnya (mola komplit).
  2. Penyebab dari kehamilan anggur adalah gangguan genetik yang terjadi pada saat proses fertilisasi (pembuahan) sehingga mengakibatkan kelainan pertumbuhan jaringan plasenta di dalam uterus. 
  3. Berhubungan intim pasca keguguran dan kuret boleh saja asalkan sudah tidak ada lagi sisa darah yang keluar dari rahim. Umumnya setelah 1-2 minggu dari keguguran darah sudah tidak ada lagi.
  4. Kehamilan berikutnya setelah kehamilan anggur harus ditunda selama 1 tahun, karena itu Anda harus mengggunakan alat kontrasepsi.
     

Penting untuk diketahui bahwa pasien dengan mola harus kontrol setiap bulan ke dokter kebidanan dan kandungan untuk pemantauan hormon beta-hCG pasca kuret karena beberapa kejadian (sebagian kecil) kehamilan anggur dapat berlanjut menjadi penyakit yang lebih serius seperti keganasan (kanker).

Anda dapat mencari informasi lebih lanjut mengenai kehamilan anggur pada artikel ini: Mola Hidatidosa.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat dan teman anda lekas membaik. (AN)


Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar