Sukses

Tidak Ada Sperma

25 Oct 2013, 10:49 WIB
Pria, 35 tahun.
Dear dokter yang saya hormati.... mohon pencerahannya mengenai istilah azoosperma. saya sudah berkeluarga selama 4 tahun, saya sudah konsultasikan dengan dokter untuk istri dan saya, dengan kondisi kesehatan istri baik, namun saya mengalami azoosperma... apa yang harus saya lakukan, terimakasih salam
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya mengerti bahwa anda merasa khawatir dengan keluhan yang anda alami.

Azoospermia adalah suatu keadaan dimana tidak ditemukan sperma dalam cairan ejakulat (semen). Cairan ejakulat adalah cairan yang keluar saat seorang pria ejakulasi. Sperma adalah sel yang diperlukan untuk membuahi sel telur pada proses fertilisasi. Penyebab dari azoospermia dapat berbagai macam, yaitu:

- Akibat sumbatan saluran sperma

- Akibat penurunan produksi sperma dalam buah zakar.

Untuk mengetahui yang mana yang menjadi penyebab pastinya, perlu dilakukan serangkaian pemeriksaan meliputi pemeriksaan fisis langsung, pemeriksaan sperma, hingga pemeriksaan hormon. 

Dengan tidak adanya sperma yang dibutuhkan untuk membuahi sel telur, tentu tidak akan terjadi kehamilan. Namun azoospermia akibat sumbatan saluran sperma masih dapat diperbaiki dengan jalan operasi, sedangkan azoospermia akibat penurunan produksi sperma tidak.  Meskipun operasi dilakukan juga tidak dapat menjamin 100% kesuburan seorang laki-laki. 

Konsultasikanlah kembali hasil analisa sperma ini kepada dokter spesialis andrologi untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. [AN]


Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar