Sukses

Infeksi CMV

19 Oct 2014, 02:42 WIB
Wanita, 28 tahun.
Dok..saya memiliki keponakan usia 4 bulan yang terinfeksi positif CMV (cytomegalovirus) saat dalam kandungan ibunya. Maka pada keluarga kami ada 3 orang positif CMV : keponakan saya, ibunya (ipar saya), dan ayahnya (kakak saya). Sejak lahir hingga usia 4 bulan keponakan saya telah menjalani operasi memasang selang dari kepala ke usus untuk membuang cairan kepala dan operasi reparasi bentuk ususnya. Sekarang saya sedang hamil usia kandungan 7,5 bulan. Pertanyaan saya, jika nanti anak saya telah lahir apakah aman untuk bermain / berdampingan dengan keluarga kakak saya yang memiliki CMV ? Apakah bayi saya nanti bisa terpapar CMV juga ? Dan bagaimana cara antisipasi nya ? Mengingat mereka adalah keluarga. Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda

Pertama, saya akan menjelaskan tentang cytomegalovirus, sehingga anda memahami tentang infeksi ini. Infeksi citomegalovirus ditularkan melalui cairan tubuh seperti ludah, darah, ASI, urine, semen dan lain-lain. Penularan melalui hubungan seksual juga dapat terjadi melalui cairan semen ataupun lendir endoserviks.


Transmisi ke janin mencapai 40 % pada infeksi primer dan lebih jarang pada infeksi rekuren. Kekebalan yang terjadi akibat infeksi sitomegalovirus ternyata tidak cukup untuk melindungi kemungkinan terjadinya infeksi sitomegalovirus kongenital ulang. Meskipun jarang, sitomegalovirus kongenital tetap dapat terulang pada ibu hamil yang pernah mempunyai anak dengan sitomegalovirus kongenital pada kehamilan terdahulu. Penularan dapat terjadi setiap saat dalam kehamilan tetapi semakin muda umur kehamilan semakin berat gejala pada janinnya.

Penularan pada bayi biasanya terjadi selama proses kehamilan, namun jika pertanyaan anda adalah apakah CMV dapat tertular dari saudara anda tersebut? Tentu ada kemungkinannya. Namun, anda dapat melakukan beberapa hal untuk meminimalisir penularan. Saya menyarankan agar anda menjaga kebersihan diri dan anak anda, hindari mencium anak balita dan makan dari tempat yang sama, selain itu lakukan kontrol rutin ke dokter untuk keluhan anda ini.

Semoga informasi ini membantu.(AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar