Sukses

Mata Kekuningan

25 Oct 2013, 10:03 WIB
Pria, 38 tahun.
Assalamu'alaikum wrwb. Selamat pagi dokter.., saya mau tanya mengenai mata. Mata bagian yg berwarna putih cerah pada kebanyakan orang. Tidak halnya dengan mata saya warnanya agak kuning kecoklatan. Dalam penglihatan tidak ada masalah, saya masih bisa melihat tulisan yg jauh pada waktu test mata. Hasil dari medical check up tiap tahun jg tidak ada keterangan gangguan dari hati saya. Perlu dokter ketahui, saya sewaktu kecil boleh dikatakan sering minum obat malaria kalau gak salah nama obatnya Erlaqueen. Apakah ada hubunganya antara minum obat tsb dengan warna mata saya. Terimakasih sebelumnya atas kesedian dokter untuk menjawab pertanyaan ini. Wassalam, NN-Banjarmasin
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda

Bagian putih mata anda kekuningan bisa jadi merupakan tanda sebuah kelainan mata. Namun, bagian putih mata yang kuning, juga bisa merupakan akibat dari paparan sinar matahari terus menerus. Selain itu, mata kuning juga bisa menjadi sebuah tanda kelainan hati, dimana bilirubin (cairan yang dimetabolisme hati) meningkat sehingga menjadikan bagian putih mata anda menjadi lebih kuning. Namun, terlalu dini untuk menegakkan diagnosis mata kuning anda hanya berdasarkan informasi yang anda berikan.

Apakah anda memiliki keluhan mata gatal, atau mata berair? Sejak kapan anda merasa mata anda menjadi kuning, apakah terjadi perlahan-lahan atau mendadak? Untuk menegakkan diagnosis mata diperlukan pemeriksaan langsung dengan melihat mata anda. Jika keluhan mata kuning anda terjadi baru-baru ini, sedangkan anda meminum malaria saat anda kecil, kemungkinan kecil hal ini berhubungan.

Semoga informasi ini membantu dan anda lekas sembuh. (AN)

Terima kasih

Tim redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar