Sukses

Hamil Atau Tidak?

15 Nov 2013, 10:45 WIB
Wanita, 19 tahun.
melanjutkan pertanyaan saya sebelumnya, di asumsikan jumat siang melakukan hubungan seks di jumat sorenya keluar darah dan kemudian di hari senin siang sudah berhenti darahnya di selasanya keluar flek-flek, apa penyebabnya? keluhan lainnya terjadi di hari sabtu, perum keram seperti sakit biasanya di saat menstruasi, dan sakit pinggang. apa itu bisa menyebabkan kehamilan?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Anda dapat hamil bila terjadi pembuahan pada saat ovulasi (masa subur). Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir,misalkan pola menstruasi seseorang dari Januari hingga April adalah 31 hari, 28 hari, 33 hari. Kemudian dibuat rata-ratanya. Karena rata-ratanya menghasilkan 31 hari, maka masa suburnya (ovulasi) akan terjadi pada 15-16 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya.

Keluhan flek-flek yang Anda alami disebut dengan spotting. Ada banyak penyebab spotting, yaitu:

  1. Kehamilan atau kehamilan ektopik 

  2. Penggunaan kontrasepsi oral

  3. Ketidakseimbangan hormon

  4. Infeksi

  5. Pengobatan tertentu (misal: obat pengencer darah) 

  6. Polip serviks

  7. Kanker serviks 

  8. Dysfunctional uterine bleeding

  9. Endometriosis, adenomyosis

  10. Hiperplasia endometrial

  11. Pelvic inflammatory disease

Untuk memastikan apakah hamil atau tidak, lebih baik dilakukan pemeriksaan kehamilan. Pemeriksaan kehamilan yang paling sederhana adalah tes pack, yang dapat Anda beli di apotek terdekat. Tes pack lebih baik dilakukan pada pagi hari saat bangun tidur, dan memiliki sensitivitas yang tinggi. Tes ini dapat mendeteksi kehamilan meskipun terlambat haid 1 hari.

Untuk informasi lengkap Anda mengenai tanda dan pemeriksaan kehamilan, Saya sertakan artikel:
Tanda-tanda Kehamilan dan cara Memastikan Kehamilan.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar