Sukses

Tekanan Darah Rendah

15 Nov 2013, 11:01 WIB
Wanita, 46 tahun.
Dokter ,saya mohon diberikan penjelasan mengenai efek dari tekanan darah rendah.porsi makan saya sedikit ga bisa banyak.kalau banyak perutnya sering merasa ga enak.makasih dok atas bantuannya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda,

Tekanan darah rendah (hipotensi) merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah rendah hingga dibawah 90/60 mmHg, walau tekanan darah memang bervariasi untuk setiap orang, bisa saja ada yang tekanan darahnya 80/60 namun tidak merasakan apa-apa. Gejala yang dapat muncul saat tekanan darah rendah adalah pusing hingga pingsan, sulit berkonsentrasi, mual, lemas, kaki dan tangan dingin, depresi hingga rasa haus yang berlebih. Tekanan dara rendah dapat disebabkan oleh banyak hal yang tidak serius, hingga beberapa penyakit seperti kelainan jantung, kehamilan, gangguan hormonal. 

Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membantu meningkatkan tekanan darah adalah : 

1. Konsumsi garam yang lebih banyak

2. Banyak minum air, hindari alkohol

3. Makan yang lebih sehat (porsi lebih sedikit, namun lebih sering, dengan kandungan karbohidrat yang tinggi)

Untuk perut yang tidak enak, apakah maksud anda kembung? mual? atau perasaan penuh? bila ia kemungkinan besar anda menderita maag. Memang pada penderita maag ada baiknya anda mengkonsumsi makanan dengn porsi sedikit-sedikit tapi sering. Lalu selalu ingat untuk tidak konsumsi makanan pedas, asem, kopi,  alkohol, dan yang mengandung banyak gas seperti minuman bersoda, sayuran seperti sawi dan kol. Bila meman keluhan maag anda sudah berat, kemungkinan besar anda harus mengkonumsi obat. 

Maka itu kami anjurkan agara anda dapat konsultasi ke dokter specialis penyakit dalam untuk penjelasan dan penanganan lebih lanjut. 

 

 

 Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter  

    0 Komentar

    Belum ada komentar