Sukses

Vertigo

14 Oct 2013, 09:28 WIB
Wanita, 60 tahun.
sy menderita vertigo sdh lma dan datangnya serangan vertigo selalu tiba2 aja tanpa ada gejala, tdk kenal waktu dan tempat maka kemanapun pergi sy selalu sangu air putih dan obat,untk cctan pertama kali sy periksa dokter diberi Merislon 3x1 dan sibelium 2x1,ttp sy minum hanya bila perlu saja karena bila sy minum sesuai dosis dari dokter kepala justru terasa panas tegang.cek kolesterol,tensi dll normal. sekarang bila serangan vertigo datang sy hanya minum Merislon saja tanpa sibelium sdh bisa sembuh. akhir2 ini bila sy mau tiduran/berebah berapa saat lalu kepala terasa nyut agak berputar... trus sy pejamkan mata sebentar... sdh gak papa.sy sdh melakukan latihan gerakan spt contoh2 di youtube untuk gangguan keseimbangan/vertigo,namun belum ada hasilnya.sy sdh berusaha minum air putih sebanyak mungkin,juga menghindari gula dan lemak. yang ingin sy tanyakan : 1.apakah benar bahwa vertigo merupakan tanda2 gejala awal dari serangan stroke? 2.apakah benar hrs menghindari makan kool?,dan hrs menghindari makanan apa saja? 3.apakah vertigo bisa sembuh total gak kumat2 lagi? sy tunggu jwbannya tks.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita rasa berputar. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

  1. vertigo sentral: gangguan pada saraf otak
  2. vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo

Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan, memejamkan mata, dan menjaga agar posisi kepala tidak bergerak.

Sudahkah Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT atau syaraf? Kami menyarankan ada berobat ke dokter untuk menentukan jenis vertigo pada Anda: vertigo perifer atau sentral. Vertigo sentral melibatkan saraf otak oleh karena itu harus segera ditangani.

Berikut kami sertakan artikel yang dapat membantu Anda:

Vertigo

Vertigo

Mengenal penyakit Vertigo

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


    0 Komentar

    Belum ada komentar