Sukses

benjolan di payudara muncul kembali

20 Oct 2014, 10:19 WIB
Wanita, 30 tahun.
dok, 8 bln yang lalu saya habis melakukan opearasi FAM,disebelah kiri payudara saya. Sebelum operasi saya melakukan USG mamae di 2 tempat, yg satu benjolan hanya ada di sebelah kiri saja, tapi untuk tempat satunya menemukan ada 2 benjolan disebelah kiri dan kanan namun yang kanan masih kecil tidak sebesar kiri, sehingga saya memutuskan untuk operasi FAM hanya sebelah kiri saja dok. Untuk gejala2nya sebelumnya saya tidak merasakan sakit/nyeri cuman ada benjolannya saja.Yang saya tanyakan : 1. penyebab benjolan itu apa dok? 2. apa itu termasuk kanker payudara? 3. perlukah saya melakukan operasi FAM disebelah kanan payudara saya? 4. setelah saya operasi yang sebelah kiri apakah akan tumbuh lagi? 5. bagaimana pengobatannya agar payudara yang sebelah kanan saya tidak tumbuh besar sehingga tidak perlu operasi? 6. berapa bulan sekali saya harus kontrol dok? terimakasih.
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

 Terima kasih atas pertanyaan anda.

 

FAM (Fibroadenomamammae). Ini merupakan tumor jinak payudara dan merupakan kasus terbanyak pada tumor payudara. Kejadiannya dapat berbentuk tunggal atau banyak pada satu payudara atau kedua payudara. Karakter FAM antara lain teraba, padat, kenyal, dapat digerakkan dari jaringan sekitarnya (mobile), bentuk bulat, lonjong, berbatas tegas, tidak nyeri, kuit payudara diatasnya tidak berubah, pertumbuhan lambat dan tidak menyebar seperti kanker payudara.

Tumor jinak payudara (fam) adalah benjolan pada payudara yang biasanya merupakan gumpalan lemak yang terbungkus dalam suatu wadah yang menyerupai kantong yang sifatnya jinak dan tidak menyebar ke bagian lain pada tubuh. FAM lebih banyak di derita oleh wanita yang berumur sekitar 16 tahun – 30 tahun dan dapat berulang.
Semua benjolan didalam dunia kedokteran disebut dengan tumor. Jika benjolan ini berbahaya maka baru disebut dengan cancer.  Jadi belum tentu benjolan anda merupakan sebuah kanker. 

Penanganan FAM

Periksakan kondisi anda ke dokter, agar dapat dinilai secara komprehensif mengenai kondisi benjolan payudara anda. Sayangnya belum diketahui ada obat atau vitamin yang dapat menghilangkan atau mencegah FAM.
 
Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (AK)
Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar