Sukses

Benjolan di selangkangan

12 Oct 2013, 23:31 WIB
Pria, 19 tahun.
saya mau tanya. di bagian selangkangan saya dekat testis, tepatnya di bagian pahanya terdapat benjolan tanpa rasa sakit. itu kenapa ya? apa mungkin saya tertular penyakit menular hiv aids?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda

Saya mengerti bahwa anda merasa khawatir dengan keluhan benjolan yang anda alami.

Pertama perlu anda ketahui bahwa benjolan di selangkangan bisa diakibatkan oleh banyak penyebab.

Sulit bagi saya untuk mendiagnosis sebuah benjolan tanpa melakukan pemeriksaan fisik karena kami membutuhkan informasi seperti letak tepatnya, besarnya benjolan, permukaannya, apakah sewarna kulit, apakah dapat digerakkan atau tidak, sudah berapa lama, apakah semakin membesar, dll. Informasi tersebut diperlukan karena sebuah benjolan dapat disebabkan oleh banyak hal.

Di daerah selangkangan, benjolan paling sering disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening. Namun, benjolan juga dapat disebabkan karena hal lain seperti kista atau bisul baik kecil atau besar. HIV AIDS sendiri merupakan infeksi dengan gejala yang luas, biasanya gejala akibat infeksi oleh bakteri karena menurunkan sistem imun berupa demam, diare kronis, infeksi otak atau pembengkakan kelenjar getah bening. Sepertinya terlalu dini jika langsung menyimpulkan benjolan di selangkangan anda dengan penyakit HIV AIDS.

Untuk itu, saya sarankan Anda memeriksakan diri kembali ke dokter untuk pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan. Setelah diagnosis ditentukan maka Anda dapat mendiskusikan pilihan penanganan yang ada dengan dokter Anda.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (AN)
 

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar