Sukses

Sakit kepala

12 Oct 2013, 17:31 WIB
Pria, 36 tahun.
Selamat siang, saya mau menanyakan tentang suami saya. umur 36 tahun berat +/- 70kg. suami saya mengeluhkan sakit kepala di bagian atas tengah dan di belakang kepala . kepala terasa melayang layang. suami saya selama ini suka mengantuk dan tertidur padahal jam tidur sudah lumayan banyak sekitar 7 / 8 jam sehari. karena kepalanya sakit jadi kurang berkonsentrasi. sebelumnya sudah pernah mencari dokter di pekanbaru, dan setelah di di rontgen kepala kata dokter ada terjadi penyumbatan dan ada benda sebesar biji beras di tengkuknya dan dokter ini memberikan obat dan bila obat habis konsultasi dan diberi obat lagi. suami saya tidak suka harus makan obat terus menerus, pernah tanya ke dokter katanya tidak bahaya cuman harus kontrol terus. terus kami mencari dokter lain di malaka, dokter tersebut tidak bilang ada penyumbatan cuman dibilang tulang lunak di bagian leher belakang sudah tipis dikasih obat 3bln dan tidak perlu kontrol lagi. suami saya sekarang komsumsi obat yang dokter malaka tapi kepalanya tetap sakit dan suka ngantuk terus. mohon bantuannya.trims
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Saya mengerti bahwa pasti suami anda terganggu dengan keluhan sakit kepala bagian atas dan belakang yang dialaminya.Yang penting anda ketahui adalah keluhan sakit kepala memiliki berbagai macam penyebab. Saya akan mengawali penjelasan saya dengan menjelaskan mengenai salah satu jenis sakit kepala yang umum ditemui di masyarakat.

Bila Anda mengalami keluhan-keluhan sakit kepala seperti tertindih benda berat dan melibatkan otot-otot leher maka kemungkinan Anda mengalami TTH (Tension Type Headache/Sakit Kepala Tipe Tension). Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot-otot lainnya di tubuh.
Beberapa faktor dapat menjadi pemicu timbulnya TTH, antara lain :
  • Stress : biasanya sakit kepala timbul di siang atau sore hari setelah stress bekerja atau ujian
  • Gangguan tidur
  • Posisi tubuh yang salah saat bekerja
  • Waktu makan yang tidak teratur
  • Kelelahan mata
  • Penghentian konsumsi kafein
  • dll

TTH dapat diatasi dengan istirahat, pemijatan bagian belakang kepala dan leher, serta minum obat penghilang rasa sakit jika tidak tahan, seperti paracetamol atau asam mefenamat yang dijual bebas. Namun, penggunaan obat-obatan tersebut tidak akan banyak membantu jika anda tidak menghindari faktor pencetus terjadinya TTH pada diri anda.

Untuk menegakkan secara pasti penyebab keluhan anda diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter, karena banyak sekali penyebab dari sakit kepala. Untuk memperkaya pengetahuan anda tentang penyebab dari sakit kepala, anda dapat membaca artikel klikdokter sebagai berikut:

Sakit Kepala (Headache)

Sakit Kepala Migrain

Semoga informasi ini membantu dan suami anda lekas sembuh (AN)

Salam

Tim redaksi klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar