Sukses

Keputihan pada wanita

18 Oct 2014, 04:39 WIB
Wanita, 22 tahun.
selamat siang dok, dok,saya mau bertanya tentang penyakit yang sedang saya derita. kronologisnya sebagai berikut: sekitar 5 hari setelah menstruasi, saya mengalami keputihan yang berlebih juga berwarna putih pekat agak kehijau-hijauan. Lalu terdapat benjolan kecil seperti jerawat di sekitar bibir vagina yang mana bila di tekan terasa perih dan disertai dengan rasa gatal yang cukup mengganggu saya ketika beraktifitas. karena terasa gatal, saya sempat meredakannya dengan menggaruknya yang mengakibatkan (sekitar 2hari setelah menggaruk) rasa perih. ketika saya lihat ternyata seperti sariawan namun berada di sekitar bibir vagina. saya belum sempat konsultasi ke dokter langsung karena aktifitas yang cukup padat. namun saya sempat menanggulanginya dengan meminum obat antibiotik amoxicillin serta obat kekebalan imun (Stimuno). selain itu, saya tetap menjaga daerah kewanitaan saya tetap kering. memang sedikit membuahkan hasil yaitu meredakan rasa perih dan gatalnya. namun, "sariawa" tersebut makin melebar. apa ini berbahaya dok? apa saya terjangkit infeksi PHV? obat apa yang kiranya dapat saya minum agar penyakit saya sembuh dok? jujur, saya juga sedikit malu ketika harus konsultasi ke dokter secara langsung. soalnya takut dokternya cowok. terima kasih sebelumnya~
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima masih atas pertanyaan anda

Saya mengerti perasaan anda yang khawatir dengan keluhan di daerah kelamin. Baiklah, saya akan mencoba menjelaskan tentang keluhan keputihan anda, semoga penjelasan ini membantu ya.

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.
 
Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.
 
Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.
 
Jika keputihan yang dialami merupakan keputihan abnormal yang disebabkan oleh infeksi maka memerlukan pengobatan dengan antijamur / antibiotik / antiparasit sesuai dengan kuman penyebabnya. Namun yang perlu anda perhatikan adalah hati-hati dengan penggunaan antibiotik, pengobatan yang tidak tepat guna ataupun tidak tepat dosis alih-alih mengobati justru dapat menimbulkan kekebalan kuman penyebabnya.Kami sarankan  anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan atau dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengetahui penyebab dari keputihan  pada  anda dan mendapatkan pengobatan yang sekiranya diperlukan.
 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (AN) 

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar