Sukses

Batuk pilek pada anak

12 Oct 2013, 14:13 WIB
Wanita, 19 tahun.
dok ,anak saya sekarang lagi batuk pilek ,tapi lendir yang keluar dari hidungnya hiaju agak ke merah2an , nomar ga yah dok ?? mohon jawabanya , terimakasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda

Saya mengerti bahwa anda merasa khawatir dengan keluhan yang dirasakan oleh anak anda. Dari informasi yang anda berikan, saya bisa menyimpulkan bahwa anak anda menderita radang tenggorokan dan radang daerah hidung atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah rhinofaringitis. Pertama saya akan mencoba menjelaskan tentang rhinofaringitis, semoga informasi ini bermanfaat.

Peradangan pada tenggorokan dalam bahasa medis disebut faringitis atau tonsilofaringitis (karena sering disertai peradangan pada amandel/tonsil). Apabila juga melibatkan hidung, disebut rhinofaringitis. Penyebab infeksi dan radang tenggorokan paling banyak adalah virus (sekitar 40-60%) dan sekitar 15% disebabkan oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridians, dan streptococcus pyogenes. Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh jamur.

Namun perlu diketahui bahwa radang tenggorokan tidak selalu disebabkan oleh infeksi. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh alergi, atau iritan seperti polutan, asap rokok, dan substansi kimia lain.Gejala faringitis sangat bervariasi, bergantung pada penyebabnya. Saat sedang sakit, batasi jenis makanan yang dapat merangsang batuk seperti es dan makanan goreng-goreng.

Jika dahak sudah berwarna kehijauan kemungkinan sudah ada infeksi bakteri sehingga disarankan untuk berobat ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Untuk pengobatan silahkan anda periksakan diri ke dokter sehingga mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan kondisi anda.

Untuk informasi lebih lengkap untuk keluhan anak ibu, dapat dibaca artikel berikut ini:

Faringitis Akut

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat dan semoga anak anda lekas sembuh(AN)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar