Sukses

Perut kiri atas nyeri

20 Oct 2014, 08:56 WIB
Wanita, 22 tahun.
saya hamil sudah 7 bulan sering mengalami nyeri di perut bagian kiri atas di bawah payudara kadang sampai menjalar ke belakang dan kadang juga kram di bagian perut bagian atas dari kiri ke kanan sangat tidak nyaman di buat berbaring masih terasa nyeri alhamdulillah saya tidak mempunyai riwayat penyakit serius.. apa ada yang salah dengan kandungan saya ? apakah nyeri saya itu berbahaya bagi janin saya ? apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi hal tersebut ?! tolong penjelasannya terimakasih.....
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima  kasih atas pertanyaan anda

Saya menegerti bahwa anda merasa terganggu dengan keluhan nyeri pada bagian perut kiri atas. Sebelum mengarah ke diagnosis apa yang menyebabkan nyeri perut kiri atas, anda perlu mengetahui terlebih dahulu, bagian tubuh manusia apa saja yang terdapat pada bagian kiri atas.

Keluhan nyeri perut di daerah kiri atas atau dalam bahasa kedokteran disebut  daerah hipokondriak kiri dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Apa saja komponen dari daerah ini? Tentu ada kulit, otot, tulang, selain itu terdapat organ lambung dan limpa.

Salah satu keluhan yang paling umum ditemui terkait nyeri daerah kiri atas yang menjalar ke daerah ulu hati adalah nyeri akibat organ lambung. Keluhan yang dialami pasien meliputi mual, muntah, perut begah dan nyeri ulu hati. Apakah anda memiliki riwayat nyeri ulu hati/ sakit maag?

Selain itu, yang perlu anda ketahui adalah bahwa selama kehamilan terjadi peningkatan ulkuran organ kandungan sehingga akan mendesak beberapa organ disekitarnya, seperti kantung kencing, usus atau lambung. Sehingga keluhan pencernaan atau keluhan terkait buang air kecil juga bisa ditemukan.

Namun yang perlu anda perhatikan adalah apakah ada keluhan lain seperti buang air besar terganggu, nyeri dada, sesak nafas atau keluhan lainnya?

Terkait aspek pengobatan, tentu harus disesuaikan dengan penyebabnya. Jika penyebab nyeri perut ini akibat lambung, maka lebih baik diberikan obat lambung. Saya menyarankan anda berkonsultasi dengan dokter anda untuk pemeriksaan yang lebih lengkap.

Semoga informasi ini membantu dan semoga anda lekas sembuh!(AN)

Salam

Tim redaksi klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar