Sukses

Apakah saya hamil?

12 Oct 2013, 14:49 WIB
Wanita, 23 tahun.
Pagi dok. saya Dwi. saya mau melanjutkan pertanyaan kemarin. aku menikah udah 5 bulan. dan sebelum menikah haid saya lancar.setelah nikah haid saya jd mundur.haid bulan agus ke sep siklus haid saya 34 hari dan selang waktu haidnya cuma 4 hari.memasuki bulan ini saya belum haid lagi dan sekarang udah 36 hari.kerasa kyk mau haid tp gak begitu kerasa seperti bulan2 kmrn kalo telat,tp ini bdn gampang lemes,trs terkadang mual.td pagi saya Test pack tp masih negatif. ini saya harus gmn ya dok?saya bingung.kalo misalkan belum hamil kenapa haidnya telatnya smpe 36 hari.tp kalo hamil kenapa masih negatif..kalo misal jelas hamil kan saya bs jaga kesehatan,dll.. Mohon sarannya ya dok. Terimakasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 

Terima kasih atas pertanyaan anda


Saya mengerti bahwa anda khawatir dengan keterlambatan haid anda khususnya sejak menikah. Ada beberapa hal yang akan saya jelaskan terkait keluhan anda, semoga setelah membaca oenjelasan saya anda lebih mengerti tentang tanda pasti kehamilan dan siklus haid yang normal.

Pertama , yang perlu anda ketahui adalah keterlambatan haid merupakan salah satu tanda kehamilan, namun wanita dengan keterlambatan haid belum tentu hamil. Untuk memastikan apakah hamil atau tidak, lebih baik dilakukan pemeriksaan kehamilan. Pemeriksaan kehamilan yang paling sederhana adalah tes pack, yang dapat Anda beli di apotek terdekat. Tes pack lebih baik dilakukan pada pagi hari saat bangun tidur, dan memiliki sensitivitas yang tinggi. Tes ini dapat mendeteksi kehamilan meskipun terlambat haid 1 hari. 

Setelah itu, saya juga ingin menjelaskan prinsip siklus haid normal, jadi kapan haid dikatakan normal atau tidak normal? Lama siklus haid normal adalah berkisar antara 21 - 35 hari. Siklus ini dapat maju atau mundur hingga beberapa hari, selama masih berada dalam rentang 21 - 35 hari tersebut, maka siklus tersebut masih dapat dikatakan normal. Adapun siklus haid yang tidak teratur seperti yang dapat terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal. Di antara penyebab gangguan keseimbangan hormonal tersebut adalah stress psikologis, sindrom ovarium polikistik, penyakit kronik, tumor yang memproduksi hormon estrogen, nutrisi kurang, gangguan pola makan (anoreksia nervosa, bulimia), dan diet ketat dengan aktivitas fisik yang berlebih.

Tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  •  Sering berkemih

  •  Pembesaran dan nyeri payudara

  •  Mual

  •  Perasaan lelah

  •  Daerah sekitar puting susu menghitam

  •  Peningkatan suhu tubuh

  •  Flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

  •  dsb

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  •  Terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan

  •  Terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi

  •  Terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Saya menyarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk kepastian dari keluhan anda.

Semoga informasi ini membantu (AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar