Sukses

Telapak Tangan-Kaki Berkeringat

19 Oct 2014, 19:44 WIB
Pria, 21 tahun.
Dok,saya mengalami kulit telapak tangan dan kaki yang sering berkeringat dan kadang kering sekali. kulit tersebut juga mengalami kulit tipis. salah satu orang tua saya juga mengalami hal serupa. apakah penyakit itu bisa disembuhkan atau sudah bawa'an gen?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Telapak tangan atau kaki yang sering berkeringat disebut sebagai hiperhidrosis lokal (keringat berlebih yang hanya mempengaruhi bagian tubuh tertentu). Hiperhidrosis lokal biasanya hanya terjadi di telapak tangan dan kaki (juga ketiak), umumnya disebabkan stimulasi emosi dan/atau suhu. Kelenjar keringat di telapak tangan dan kaki diatur oleh otak bagian korteks serebral saja dan lebih responsif terhadap stimulasi emosi. Jadi, keringat yang berlebihan hanya di kedua telapak tangan dan/atau di kedua telapak kaki, tanpa disertai keluhan gejala-gejala gangguan jantung atau gejala sistemik lain, kemungkinan besar hanya disebabkan oleh faktor psikis atau respon terhadap lingkungan. 

Namun, Anda juga menyebutkan bahwa telapak tangan tersebut kadang kering dan berkulit tipis. Apakah sering gatal? Merah-merah? Kulit pecah-pecah? Apakah Anda memiliki riwayat alergi? Kulit yang kering dan tipis juga dapat ditemukan pada orang dengan alergi. Gunakanlah pelembab pada tangan serta kaki. Untuk memastikannya, kujungilah dokter agar dapat dilihat langsung. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar