Sukses

Kram Saat Olahraga

19 Oct 2014, 14:25 WIB
Pria, 16 tahun.
dok,saya mau nanya ini dok...saya kan atlet setiap saya latihan saya selalu kram di semuah tubuh..itu bagus buat kesehatan tubuh tidak dok??dan apa kah akan mengalami peningkatan yang bagus??
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaan Anda. Kram saat olahraga dapat disebabkan oleh masalah pengaturan napas, makan yang terlalu dekat dengan jam olahraga, serta kurang cairan atau dehidrasi. Selain itu, kram pada betis dapat disebabkan oleh:

Keram pada otot di bagian betis dapat terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah :

1. Gangguan aliran darah atau kurang lancarnya aliran darah yang dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah posisi tidur yang menekan pembuluh darah di kaki terlalu lama (posisi kaki terlipat ketika sedang tidur atau posisi bersila)

2. Kurangnya asupan kalsium dan potassium. Kalsium berperan untuk kontraksi otot sedangkan potassium atau kalium berperan di dalam relaksasi otot. Apabila kekurangan 2 jenis elektrolit ini maka proses kontraksi-relaksasi otot tidak akan berjalan lancar

Karena itu, untuk mencegah kram, atur pernapasan dengan baik saat berolahraga, jangan makan terlalu dekat sebelum olahraga ( 2 - 3 jam sebelumnya), cukupi asupan cairan sebelum dan saat berolahraga. Selain itu, olahraga harus dilakukan teratur teratur untuk melancarkan aliran darah di betis. Lakukan peregangan otot sebelum berolahraga, jangan terlalu lama berdiri atau usahakan selalu melakukan aktivitas (berjalan atau menggerakkan kaki) setelah berdiri atau duduk lama, dan konsumsi makanan yang mengandung kalsium dan potassium (susu dan pisang).

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.(PNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar