Sukses

Telapak tangan dan kaki sering berkeringat

19 Oct 2014, 20:31 WIB
Pria, 22 tahun.
Siang dok, saya mau bertanya Bagaimana cara mengatasi keringat berlebih di telapak tangan dan telapak kaki ( jantung lemah ),,,,? Makanan Apa saja yang dapat mengurangi atau menyebuhkan penyakit itu dok...? makasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Telapak tangan atau kaki yang sering berkeringat belum tentu merupakan tanda gangguan jantung. Keadaan ini di dunia medis disebut sebagai hiperhidrosis lokal (keringat berlebih yang hanya mempengaruhi bagian tubuh tertentu). Hiperhidrosis lokal biasanya hanya terjadi di telapak tangan dan kaki (juga ketiak), umumnya disebabkan stimulasi emosi dan/atau suhu. Kelenjar keringat di telapak tangan dan kaki diatur oleh otak bagian korteks serebral saja dan lebih responsif terhadap stimulasi emosi. Jadi, keringat yang berlebihan hanya di kedua telapak tangan dan/atau di kedua telapak kaki, tanpa disertai keluhan gejala-gejala gangguan jantung atau gejala sistemik lain, kemungkinan besar hanya disebabkan oleh faktor psikis atau respon terhadap lingkungan dan bukan karena penyakit jantung atau "jantung lemah".

Anda dapat mencoba mempraktekkan teknik-teknik relaksasi untuk membantu Anda mengatasi faktor psikis atau berolahraga teratur untuk meningkatkan kebugaran sehingga dapat berperan membantu respon tubuh Anda terhadap suhu lingkungan.

Apabila Anda ingin berusaha menghindari penyakit jantung, yang dapat Anda lakukan adalah mulai menjaga kesehatan dengan menjalani gaya hidup yang sehat. Makan makanan yang sehat dan teratur, hindarilah makanan yang berlemak seperti yang ada dalam makanan cepat saji (junk food), banyak makan sayuran dan buahan, serta berolahragalah secara teratur.

 

Berikut adalah link artikel yang dapat membantu menjelaskan lebih lanjut mengenai pertanyaan Anda:

http://m.klikdokter.com/detail/read/2/813/tangan-keringatan---jantung-

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga dapat bermanfaat. (NO)

 

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar