Sukses

Penurunan fungsi penciuman

11 Oct 2013, 15:17 WIB
Pria, 43 tahun.
Dokter, sepertinya indra penciuman saya kurang berfungsi, hidung saya tidak dapat mencium suatu aroma atau bau dengan baik, apakah hal ini berpengaruh kepada pernafasan saya dok? saya merasakan ada aliran oxigen yang kurang lancar, terutama ke bagian kepala, sering seperti orang yang sempoyongan, apa yang harus saya lakukan? jika perlu diperiksa, ke dokter mana periksanya Dok? Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Berkurangnya kemampuan untuk mencium dan mendeteksi bau disebut juga hiposmia. Beberapa penyebab yang mungkin berhubungan adalah alergi infeksi virus, massa dalam rongga hidung (polip hidung), serta kerusakan pada saraf. Apakah Anda memiliki riwayat alergi pada diri sendiri dan keluarga? Sering bersin-bersin dan mengalami hidung "meler"? 

Alergi juga dapat menyebabkan terbentuknya massa dalam rongga hidung yang disebut dengan polip hidung. Adanya polip hidung menyebabkan terjadinya sumbatan pada rongga hidung. Keadaan ini kemudian dapat mengganggu indera penciuman dan indera perasa hingga menyebabkan keluhan seperti yang Anda rasakan.

Untuk mengetahui secara pasti kondisi organ pembauan Anda, disarankan untuk melakukan konsultasi langsung ke dokter spesialis THT. Akan dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung, terutama untuk rongga hidung dan sekitarnya. Terapi akan diberikan sesuai dengan penyebab dari keluhan serta hasil pemeriksaan fisik/penunjang yang dilakukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter


 

    0 Komentar

    Belum ada komentar