Sukses

Hepatitis A

15 Oct 2013, 19:58 WIB
Wanita, 31 tahun.
sekitar 9tahun yg lalu ketika saya masih kuliah, disekitar kampus saya pernah ada KLB hepatitis A, kemudian pada saat itu saya pernah didiagnosa oleh dokter terkena gangguan fungsi hati, dengan gejala mual, urin berwarna seperti air teh, sgpt & sgot saya melambung dari nilai normal 100an, menjadi 1000an dan 900an, dan dihari-hari selanjutnya terlihat kuku dan mata saya menguning. pada waktu itu dokter menanyakan apakah ada pendarahan? dan menyarankan untuk opname di RS. saat itu saya sedang menstruasi jadi tidak bisa bgitu membedakan apakah itu darah mens atau dari penyakit saya. waktu itu saya lebih memilih obat jalan, kemudian dokter memberi saya obat dan meminta saya untuk diet serta cek darah seminggu skali. karena keawatiran saya, di minggu pertama saya tes darah lengkap, termasuk hepatitis B dan kolesterol, alhamdulillah hep B hasilnya negatif, namun kolesterolnya termasuk tinggi karena melebihi nilai normal. pada waktu itu selain mengkonsumsi obat dari dokter, oleh sodara saya yg kebetulan juga seorang perawat menyarankan saya untuk meminum air seduhan temulawak/curcuma yg diberi gula aren sebanyak mungkin setiap hari, alhamdulillah selama 4 minggu, dengan 4kali tes darah dan 4 kali obat jalan, sgpt & sgot saya kembali normal. yg ingin saya tanyakan: 1. apakah penyebab penyakit saya tersebut? 2. apakah penyakit saya tersebut termasuk hep A? 3. apakah saya masih bisa mendonorkan darah saya dengan riwayat penyakit seperti tersebut? 4. mengingat selama ini saya tidak pernah kambuh apakah penyakit tersebut sudah hilang dari tubuh saya? 5. seandainya tidak bisa hilang apakah penyakit tersebut dapat menurun sperti hep B? (mengingat saat ini saya sedang hami) 6. apakah penyakit tersebut ada hubungannya dengan kadar kolesterol seseorang? mohon penjelasannya dok...
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sulit bagi kami untuk memastikan apakah Anda terinfeksi hepatitis A atau tidak. Karena berdasarkan riwayat Anda saja, tanpa dilakukan pemeriksaan fisik, sulit untuk menegakkan suatu diagnosis.

Tidak ada tatalaksana yang khusus untuk Hepatitis A. Istirahat yang cukup dan diet (hindari makan-makanan yang dapat menimbulkan gangguan pencernaan, seperti makanan yang berlemak). Obat-obatan diberikan hanya untuk mengurangi gejala-gejala yang ditimbulkan.
Perawatan yang dapat dilakukan di rumah;

  • Tetap tenang, kurangi aktivitas dan banyak istirahat di rumah
  • Minum banyak air putih untuk menghindari dehidrasi
  • Hindari minum obat yang dapat melukai hati seperti asetaminofen dan obat yang mengandung asetaminofen
  • Hindari minum minuman beralkohol
  • Hindari olahraga yang berat sampai gejala-gejala membaik

Untuk itu, kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar