Sukses

Hamil: Normal atau Tidak?

19 Oct 2014, 07:22 WIB
Wanita, 26 tahun.
Siang dok.. u/ jawaban prtnyaan dok "stiap bulan saya haid dok." dan mohon maf saya mau tanya lagi.. bulan ini saya tlat 2minggu n d testpack trnya ada 2 gris tpi yg 1 nya samar, saya prksa k bidan n hsil'a positif hamil. alhamdulillah ucap sykur karna tgl 3 nov bulan depan 1thn pernikahan saya. tapi pas sya prksa belum smpat d usg, dlu 2 bln stlah sya mnkah saya prnh mngalami hamil kosong ukrn 5mnggu, smpai skrg saya msih takut dok.apakah hamil saya yg skrang normal..? n mkanan atau minuman apa yg tidak boleh di konsumsi olh ibu hamil...? trims dok..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saya ucapkan selamat atas kehamilan Ibu. Untuk memastikan kondisi kehamilan Ibu apakah normal atau tidak, sebaiknya Ibu mengunjungi dokter atau dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah: 

  •  terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan

  •  terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi

  •  terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Untuk memastikan apakah terjadi kehamilan juga perlu didukung dengan dilakukan pemeriksaan pasti.

Untuk informasi lengkap Anda mengenai tanda dan pemeriksaan kehamilan, Saya sertakan artikel:
Tanda-tanda Kehamilan dan cara Memastikan Kehamilan.

Pada dasarnya nutrisi yang dibutuhkan oleh Ibu hamil merupakan nutrisi yang sehat dan seimbang, sama seperti yang dianjurkan untuk semua orang. Namun, ada sedikit tambahan dalam hal kalori serta  nutrien yang diperlukan. Pada awal kehamilan sebaiknya Ibu hamil menambahan 150 kalori per hari dari jumlah makanan yang dimakannya sebelum hamil. Pada akhir kehamilan sebaikya ditambahkan 100 kalori lagi. Pada awal kehamilan Ibu hamil sebaiknya meminum susu 1x per hari pada trimester pertama, kemudian ditambah buah-bahan atau sepotong roti setiap harinya untuk 6 bulan berikutnya. Target kenaikan berat badan tergantung dari Indeks Massa Tubuh sebelum hamil.

Sedangkan tambahan-tambahan lain yang diperlukan adalah vitamin serta mikronutrien lain seperti besi dan dan asam folat bisa didapatkan dari makanan atau suplemen.

Kalsium diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Pertumbuhan tulang atau skeletal mencapat puncaknya pada 3 bulan terakhir kehamilan sehingga konsumsi makanan yang mengandung kalsium pun perlu ditingkatkan seperti susu dan produk susu lain.

Zat besi dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah, jadi kebutuhannya selama kehamilan meningkat karena volume darah ibu yang meningkat dan sel darah merah janin mulai berkembang. Besi terkandung di dalam daging, ikan, telur, produk whole-grain, dan sayur-sayuran. Zat besi yang berasal dari tanaman tidak diasimilasi semudah zat besi dari produk hewan. Namun juga ibu mengkonsumsi vitamin C dari makanan yang sama, zat besi tersebut akan lebih mudah diserap.

 

Asam Folat dibutuhkan dalam perkembangan sistem saraf pusat janin dan mencegah defek perkembanganneural tube atau disebut juga spina bifida. Asam folat didapatkan di sayur-sayuan, buah-buahan, dan pada telur. Namun nutrisi sehari-hari biasanya tidak memenuhi kebutuhan asam folat ibu hamil sehingga suplemen vitamin ini dibutuhkan sebelum kehamilan dan pada trimester pertama kehamilan.

Untuk panduan nutrisi dan informasi lengkap seputar kehamilan, Ibu dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar