Sukses

Puting susu gatal

17 Oct 2014, 16:40 WIB
Pria, 24 tahun.
Mohon maaf dok, saya tidak menayakan keluhan tentang diri saya pribadi, saya hanya ingin menanyakan tentang keluhan yang dialami istri saya. Puting payudara istri saya sering mengalami gatal akhir-akhir ini. Apa penyebabnya dok, dan apa yang sebenarnya dialami istri saya? Kami adalah pasangan yang baru menikah, maka apakah hal itu pertanda kehamilan? Saat ini istri saya mengalami terlambat datang bulan namun hasil test pack negatif.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 

Terima kasih atas pertanyaan anda.

Apakah teraba benjolan pada payudara kanan dan kiri  istri Anda? Adakah cairan yang keluar dari payudara istri Anda? Keluhan yang  dirasakan berupa gatal pada puting (daerah areola) payudara dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti: iritasi (akibat pakaian dalam, gesekan), alergi, hingga infeksi, dll. Kami menduga gatal tersebut kemungkinan timbul akibat iritasi dari pakaian dalam yang Anda kenakan.

Untuk itu, istri Anda dapat mencoba:

  • Menjaga kebersihan dan kekeringan pakaian Anda (termasuk pakaian dalam).
  • Jangan mengenakan pakaian dalam yang terlalu longgar atau terlalu ketat dan berbahan kasar karena akan semakin mengiritasi puting payudara Anda bila bergesekan.
  • Hindari tindakan menggaruk yang hanya dapat menambah iritasi puting payudara Anda.
  • Cobalah menggunakan krim pelembab di sekitar puting Anda.

Bila setelah melakukan tips-tips tersebut keluhan tidak mengalami perbaikan, kami sarankan  untuk segera berkonsultasi dengan dokter umum atau dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan fisik mendetil dan tatalaksana yang lebih optimal.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar