Sukses

Nyeri sendi pada penderita diabetes

19 Oct 2014, 18:29 WIB
Wanita, 72 tahun.
selamat pagi bp / ibu dokter... ibu saya penderita diabetes, # 5 bulan yg lalu terkena serangan stroke yg melumpukan kaki dan tangan kiri, perawatan baik rs maupun fisioterapi sudah dilakukan, namun belakangan disekitar jari kaki dan tangan kiri tersebut membengkak disertai rasa nyeri, sehingga latihan phisik terhenti... mohon masukkan dan sarannya, sebelumnya kami ucapkan terimakasih...
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda, 

Apakah gula ibu terkontrol? Apakah keluhan bengkak itu disertai luka? atau diawali oleh luka? Sudah berapa lama bengkak? Apakah semakin membengkak atau sama seperti pada awalnya? apakah ada kekakuan? Bila ada luka apakah ada nanah? 

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kondisi ini, yaitu salah satunya peradangan sendi dapat osteo-artritis ataupun reumatoid artritis, namun pada penderita diabetes juga terdapat resiko terjadinya ulkus diabetes namun hal ini biasanya harus didahului oleh adanya luka pada kulit. Namun oleh karena pada penderita diabetes terjadi keadaan neuropathy (kelainan pada saraf) maka ada beberapa penyakit yang dapat muncul.

Beberapa penyakit nyeri sendi yang dapat terjadi pada penderita diabetes adalah : 

1. Charcot joint  (neuropathic athropy) : kelainan sendi akibat kerusakan saraf yang berlanjut, biasanya muncul rasa semutan, bengkak hingga perubahan bentuk.

2. Osteoporosis : Kehilangan masa tulang yang membuat tulang menjadi lemah, terjadi peningkatan resiko patah tulang.

3. Osteo arthritis : perandangan sendi, sering terjadi pada penderita diabetes tipe 2, oleh karena kondisi obesitas yang tinggi pada penderita diabetes tipe 2, ditandai dengan nyeri, bengkak. 

4. dsb

Oleh karena itu, kami menyarankan agar Ibu kembali dibawa kontrol ke dokter specialis penyakit dalam, sebab untuk mendiagnosa penyakit ini diperlukan pemeriksaan tubuh secara lengkap.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat (EA).

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar