Sukses

benjolan di telinga

20 Oct 2014, 00:22 WIB
Pria, 26 tahun.
Slamat malam dok, sy ada benjolan di bawah telinga kiri dan kanan. benjolannya udah lama sih, sktr 20 tahun lalu udah kliatan. terkadang klo mulut lagi kering trus makan cemilan (semacam biskuit) benjolannya agak nyeri, seperti nusuk2. ayah dan ibu sy jg punya seperti itu, tp ke-4 sodara sy gak. itu termasuk tumor atau apa ya dok?, trus klo mau nyembuhin apa mesti dioperasi?. ini dok, sy sertakan gambarnya http://s1345.photobucket.com/user/4nd1vv/media/DSC_0118_zps4e7b5262.jpg.html
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Didalam dunia kedokteran, semua benjolan abnormal disebut dengan tumor. Dari sifatnya yang tumbuh perlahan lahan pada kasus anda kemungkinan besar benjolan tersebut adalah lipoma.

Lipoma adalah suatu tumor (benjolan) jinak yang berada dibawah kulit yang terdiri dari lemak. Biasanya lipoma dijumpai pada usia lanjut (40-60 tahun), namun juga dapat dijumpai pada anak-anak. Karena lipoma merupakan lemak, maka dapat muncul dimanapun pada tubuh ini. Jenis yang paling sering adalah yang berada lebih ke permukaan kulit (superficial). Biasanya lipoma berlokasi di kepala, leher, bahu, badan, punggung, atau lengan. Jenis yang lain adalah yang letaknya lebih dalam dari kulit seperti dalam otot, saraf, sendi, ataupun tendon.

Pada dasarnya lipoma tidak memerlukan tindakan apapun, kecuali untuk alasan kosmetik atau pembesaran benjolan telah menimbulkan keluhan nyeri dan mengganggu pergerakan. Hingga kini belum ada obat yang dapat menghambat pertumbuhan lipoma.Tindakan yang dapat dilakukan untuk menghilangkan benjolan lipoma adalah dengan operasi pengangkatan lipoma. Operasi dapat dilakukan dengan bius lokal, jika dokter sudah benar-benar yakin bahwa benjolan memang benar-benar lipoma yang tergolong dalam tumor jinak.

 

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar