Sukses

KB Suntik

07 Oct 2013, 23:50 WIB
Wanita, 19 tahun.
SAYA SUDAH MENIKAH SELAMA 1 TH LEBIH DAN PERNAH MENGALAMI KEGUGURAN SETALH ITU SYA MENGGUNAKAN KB SUNTIK 1 BULAN SELAMA 1TH APA INI TIDAK APA APA BUAT RAHIM SAYA??? JIKA SUATU SAAT SAYA INGIN PUNYA ANAK APA TIDAK AKAN BERPENGARUH. TRUZ BERAPA JANGKA WAKTU MAXIMAL SAYA MENGGUNAKAN KB,?? DAN KB APA YG TEPAT BUAT SAYA??s
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kontrasepsi suntikan adalah cara untuk mencegah terjadinya kehamilan dengan melalui suntikan hormonal. Kontrasepsi hormonal jenis KB suntikan ini di Indonesia semakin banyak dipakai karena kerjanya yang efektif, pemakaiannya yang praktis, harganya relatif murah dan aman.

Sebelum disuntik, kesehatan ibu harus diperiksa dulu untuk memastikan kecocokannya. Suntikan diberikan saat ibu dalam keadaan tidak hamil. Umumnya pemakai suntikan KB mempunyai persyaratan sama dengan pemakai pil, begitu pula bagi orang yang tidak boleh memakai suntikan KB, termasuk penggunaan cara KB hormonal selama maksimal 5 tahun.

Kontrasepsi suntik adalah kontrasepsi sementara yang paling baik, dengan angka kegagalan kurang dari 0,1% pertahun. Suntikan KB tidak mengganggu kelancaran air susu ibu (ASI), kecuali Cyclofem. Suntikan KB mungkin dapat melindungi ibu dari anemia (kurang darah), memberi perlindungan terhadap radang panggul dan untuk pengobatan kanker bagian dalam rahim. Suntik KB tidak membahayakan rahim anda dan tidak menutup kemungkinan bagi anda yang ingin suatu hari hamil kembali.

Ketepatan KB tergantung kembali kepada anda. Contohnya, jika anda tidak patuh minum pil, anda bisa menggunakan KB suntik. Jika anda merasa KB suntik merepotkan, anda bisa menggunakan IUD (Spiral) yang bisa bertahan selama 5 tahun. Semua ini kembali lagi kepada anda dan sebaiknya dibahas oleh dokter spesialis kandungan dan kebidanan bersama dengan pasangan anda. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (AK)

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar