Sukses

Penyakit lupa di usia muda

18 Oct 2014, 22:19 WIB
Wanita, 26 tahun.
Selamat pagi dokter.. Saya merasa sekarang saya jadi pelupa,, Apa yang mau dan sudah saya ucapkan kadang saya tidak ingat. Saya kenapa ya Dok,,?? apa saya terkena penyakit..?? mohon di jelaskan dan terimakasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Penurunan memori otak bisa terjadi di usia produktif, pada orang berusia muda. Penyakit lupa di usia muda salah satunya disebabkan gaya hidup yang tidak sehat. Alih-alih menjaga dan merawat otak, gaya hidup kita seringkali malah merusaknya. Berikut adalah gaya hidup yang sering kali kita lakukan yang dapat merusak atau menurunkan fungsi otak, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Kesibukan dan tuntutan pekerjaan terkadang membuat orang sering tidak memperhatikan apa yang masuk ke dalam tubuhnya melalui makanan. Contohnya adalah mengkonsumsi makanan instan yang banyak mengandung pengawet, pewarna dan perasa sehingga ban yak yang tidak memperdulikan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh.
  2. Rokok dan racun-racun lain, seperti narkoba, menyebabkan penyakit-penyakit kronis untuk tubuh seperti kanker atau stroke dan memicu penuaan dini salah satu ciri penuaan dini yang terjadi adalah menurunnya daya ingat.
  3. Pekerjaan atau tawaran hiburan terkadang membuat kita lupa waktu dan lupa istirahat, termasuk lupa tidur. 
  4. Stres akan memicu ketegangan di otak dan membuat energi otak habis. Itu sebabnya pada orang stres seringkali muncul istilah pikiran buntu atau mampet. 
  5. Banyak orang yang bekerja hingga kelelahan hingga malas berinteraksi dengan orang lain dan malas berolahraga. Berolahraga juga memungkinkan kita menjalin komunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.

Ada beberapa cara untuk mengatasi penyakit lupa ini, tapi yang jelas tidak “instan” alias langsung sembuh tapi hal ini bisa melatih otak kita agar lebih tajam. Cara tersebut antara lain:

  1. Mengkonsumsi makan makanan yang bergizi dan makanan yang mengandung vitamin niasin. seperti daging bebek peking, kacang edamame dan kacang hijau.
  2. Latihan otak agar otak kita segar kembali, seperti rajin membaca buku.
  3. Langsung melakukan saat itu juga, saat kamu ingat harus langsung di lakukan jangan menunggu sampai esok hari karena yang pasti esok hari pasti sudah lupa.
  4. Konsentrasi pada satu hal. 
  5. Olahraga rutin dan Istirahat yang cukup, dengan tujuan untuk memberi energi serta oksigen yang cukup pada otak disaat olahraga dan saat kita tidur maka otak diberi kesempatan untuk berelaksasi.

Semoga langkah-langkah tersebut dapat bermanfaat dan membantu anda. 

 

 

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (AK)

 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar