Sukses

Kepala belakang pegal dan penglihatan kabur

19 Oct 2014, 21:45 WIB
Pria, 43 tahun.
Sudah setahun ini otot sekitar tengkuk, bahu kadang jari sering mengalami ketegangan atau nyeri, kalau ini didiamkan beberapa lama sering terjadi penglihatan saya jadi kabur dan tangan kesemutan. biasanya kalau sudah begini saya kerikan ( karena mengira ini masuk angin ) Pertanyaannya : 1. Apa yang harus saya lakukan kalo tiba2 seperti itu ( tambahan informasi kegiatan olahraga saya bersepeda seminggu sekali dan fitnes 1 - 2 x dalam seminggu ) 2. kalau saya mau cek kedokter, harus kedokter specialis apa saya harus ceknya 3. apakah ada obat sementara untuk mencegah ketegangan itu terjadi. Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 

Terima kasih atas pertanyaan anda

Pengobatan tentu harus disesuaikan dengan penyebabnya. Penyebab sakit kepala banyak sekali, bisa karena gangguan vaskular, telinga atau hanya sekedar kurang tidur dan gannguan psikis.

 Bagaimana posisi kerja atau posisi tidur anda? apakah anda duduk terus di depan meja dalam posisi yang kaku dan terus menerus? Berbagai hal tersebut juga dapat menyebabkan nyeri di daerah leher belakang dan sakit kepala.  Saran saya adalah coba dengan cara sederhana, seperti konsumsi makanan yang sehat dan tidur yang cukup. Kurangi tingkat stress anda! dan tentu saja olah raga dan peregangan otot rutin.

Bila Anda mengalami keluhan-keluhan sakit kepala seperti tertindih benda berat dan melibatkan otot-otot leher maka kemungkinan Anda mengalami TTH (Tension Type Headache/Sakit Kepala Tipe Tension). Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot-otot lainnya di tubuh.

 

Beberapa faktor dapat menjadi pemicu timbulnya TTH, antara lain :

o    Stress : biasanya sakit kepala timbul di siang atau sore hari setelah stress bekerja atau ujian

o    Gangguan tidur

o    Posisi tubuh yang salah saat bekerja

o    Waktu makan yang tidak teratur

o    Kelelahan mata

o    Penghentian konsumsi kafein

o    dll

 

TTH dapat diatasi dengan istirahat, pemijatan bagian belakang kepala dan leher, serta minum obat penghilang rasa sakit jika tidak tahan, seperti paracetamol atau asam mefenamat yang dijual bebas. Namun, penggunaan obat-obatan tersebut tidak akan banyak membantu jika anda tidak menghindari faktor pencetus terjadinya TTH pada diri Anda. Untuk mencegah berulangnya kejadian TTH pada diri Anda, Anda juga perlu menghindari faktor-faktor pencetus TTH pada diri anda. 50% penderita TTH mengalami kekambuhan penyakitnya akibat dipicu oleh rasa lapar atau stress. Bagaimana dengan diri Anda? Jika Anda perhatikan, faktor apa saja yang menjadi pemicu keluhan Anda untuk timbul?

Dengan menghindari faktor pencetus TTH, diharapkan dapat membantu Anda dalam mengatasi rasa nyeri dan membantu Anda untuk menghindari kejadian berulangnya keluhan yang Anda rasakan.

Namun tentu saja keluhan sakit kepala maupun penyebabnya lebih baik ditegakkan oleh seorang dokter. Khususnya untuk anda yang juga mengeluh pandangan kabur. Jika hal ini tidak membantu saya sarankan anda konsultasi langsung dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut, untuk mendeteksi apakah terdapat kelainan lain. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam atau spesialis saraf.

Semoga informasi ini membantu (AN)

Salam

Tim Redaksi klik Dokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar