Sukses

Nyeri perut kanan

07 Oct 2013, 19:44 WIB
Wanita, 19 tahun.
jika terjadi gejala sakit pada perut bagaian kanan atas, tapi menurut pemeriksaan dokter dan cek laboratorium semua normal, bagaimana
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya mengerti bahwa anda khawatir dengan keluhan nyeri perut kanan atas.

Mari kita bahas terlebih dahulu apa saja kemungkinan penyebab dari nyeri di perut kanan atas ya!

Keluhan pada perut atas bagian kanan dapat disebabkan karena berbagai macam hal. Yang perlu diketahui adalah organ di daerah tersebut, yaitu kulit, otot, hati, empedu, tulang (apabila nyeri berdekatan dengan daerah tulang iga). Masing-masing organ tersebut dapat menyebabkan keluhan nyeri.

Perlu dicari lebih dalam lagi adakah riwayat trauma, riwayat penyakit hati seperti hepatitis, riwayat minum alkohol, memakai jarum suntik bersama, transfusi darah, riwayat gastritis (maag), hubungan antara keluhan nyeri dan makanan, kapan saja terjadinya nyeri, sejak kapan, dan masih banyak hal yang perlu diketahui sebelum dapat ditentukan dengan pasti penyebabnya.

Berdasarkan informasi yang Anda berikan (bagian perut kanan atas terasa nyeri, terasa mengganjal, mual), kami menduga bahwa terdapat masalah pada organ hati Anda yang memang terletak di bagian kanan rongga perut. Kemungkinan terjadi pembesaran pada organ hati Anda yang menyebabkan rasa nyeri di bagian perut kanan atas dan peningkatan enzim-enzim yang dihasilkan oleh sel-sel hati Anda.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium untuk memastikan gangguan yang Anda alami dan mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat dan semoga keluhan anda segera membaik ya (AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar