Sukses

Pengobatan trombosis arteri

19 Oct 2014, 20:23 WIB
Pria, 43 tahun.
Dok, saya mengalami gangguan penyumbatan pembuluh darah artery (artery thrombosis) di bagian leher kanan dan kiri, yang menyebabkan saya sering pusing hingga blank sesaat. Keadaan ini saya alami sejak 5 tahun lalu, dan sudah berobat ke Denpasar, Jakarta, dan terakhir di Surabaya. Saat itu saya berobatnya ke spesialis saraf, mengingat bagian kepala yang pusing. Pada bulan Maret 2012, secara kebetulan saya ke poli jantung dan pembuluh darah di salah satu RS di Surabaya, di situ dilakukan USG Doppler dan didapatkan bahwa kedua pembuluh artery saya tersumbat total, tetapi uniknya terdapat atau tumbuh collateral-collateral sehingga saya masih bisa hidup. Saat ini saya ditangani oleh dokter ahli jantung dan pembuluh darah dan diberikan obat pengencer darah Simarc 2mg (1x1, dan 2x1 setiap hr selasa, kamis, sabtu), thromboaspilet 1x1, Amlodipine 10mg 1x1 (tekanan darah saya selalu tinggi, rata2 145/105, dan simvastatin 10mg 1x1 (pernah kolesterol tp saat ini sdh normal). Saya berobat rutin setiap 2 minggu, dan saya diharuskan periksa INR, INR saya harus dijaga di atas 2 tp tidak lebih dari 3, karena kalau kurang dari 2, saya sering pusing. Kalau saya pusing, mata saya jadi kabur. Oh ya.. saya juga mengkonsumsi herbal (obat tetes) Hydroxygen plus sejak 6 bln lalu, dan sejak saya memakai Hydroxygen plus, keadaan saya jauh lebih baik. Tetapi dokter saya menyarankan agar segera diangkat atau dioperasi darah yang mennggumpal di pembuluh artery tersebut, atau mencari informasi lain tentang bagaimana menghilangkan penyumbatan akibat penggumpalan darah tersebut. Perlu juga diketahui bahwa tahun 2000 saya mengalami Nasopharinc Cancer stadium 3B dan menjalani pengobatan kemoterapi 8x dan sinar radioterpai 36x di Singapura. Dan dinyatakan sembuh total thn 2005. Dari hasil periksa darah lengkap yang rutin saya jalani setiap 3 bln sekali, semua keadaan tubuh saya baik, termasuk kontrol CEA (kanker) nya. Tolong diinformasikan kira-kira solusinya bagaimana? karena hingga saat ini saya tidak dapat bekerja, sewaktu2 saya bisa pusing dan mata kabur. Dokter saya mengkuatirkan jika pusing dan blank maka saya akan jatuh dan terjadi pendarahan akibat darah saya yang cair (karena rutin mengkonsumsi obat pengencer darah), sehingga harus segera dicari jalan keluarnya. Terima kasih sebelumnya saya ucapkan atas perhatiannya.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaannya.

Saya memahami kekhawatiran anda dengan keluhan yang anda alami.

Pertama saya ingin mengatakan bahwa tentu anda sudah berobat ke berbagai dokter spesialis dan mendapatkan pengobatan untuk penggumpalan darah anda. Saya melihat ada beberapa pengobatan penggumpalan darah yang anda terima.

Dari cerita anda sepertinya permasalahan utama anda adalah adanya gangguan pusing dan anda tiba-tiba dapat pingsan. Penyebab keluhan tersebut banyak sekali, dan dalam kasus anda sudah diketahui kemungkinannya adalah akibat ada penggumpaan darah di daerah pembuluh darah arteri leher anda. Menurut saya tentu dokter anda memiliki pertimbangan yangmatang dalam memberikan saran untuk melakukan operasi. Jadi jika anda masih mengeluhkan hal yang sama terlepas dari berbagai pengobatan yang anda terima, sepertinya ini langkah yang tepat. Jika anda merasa kurang yakin, mungkin anda dapat meminta second opinion ke dokter lain untuk keluhan anda.

Hipertensi merupakan salah satu faktor risiko dari penyakit jantung dan stroke. Saya menyarankan anda untuk juga melakukan pola hidup sehat yang terdiri dari pola makan sehat dan berolah raga. Pola makan rendah garam, rendah minyak, kaya buah dan sayuran. Konsumsi karbohidrat komplek seperti nasi merah dan gandum. jangan lupa juga kontrol rutin ke dokter.

Semoga informasi ini membantu (AN)

Salam

Tim redaksi klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar