Sukses

Cara menjadi gemuk

19 Oct 2014, 00:26 WIB
Pria, 50 tahun.
Tinggi badan saya 152, berat badan 52. Saya termasuk kurus, padahal saya makan cukup banyak, bahkan paling banyak dalam keluarga. Mengapa saya sulit gemuk?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda

Gemuk atau tidak seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya adalah genetik dan lingkungan. Tingkat metabolisme setiap orang juga berbeda-beda, ada yang lebih cepat, ada juga yang lebih lama, Saran saya adalah yang penting anda memiliki pola hidup sehat, dari pada menargetkan kegemukan sebagai hasil akhir. Selama anda memiliki pola hidup sehat anda akan terhindari dari penyakit.

Intinya adalah kalori yang anda makan harus cukup banyak dibandingkan kalori yang terbakar akibat aktivitas anda, Coba makan kalori dengan kandungan protein yang tinggi seperti ikan laut, dan  putih telur. Selain itu jangan lupa berolah raga rutin.

Selain itu kegemukan merupakan masalah sekarang ini karena merupakan faktor risiko dari ebrbagai penyakit, seperti jantung. Apa saja pola hidup sehat?

  • Makan rendah lemak, daging merah, kaya buah dan sayuran. Makan lebih baik direbus. Namun makanan anda harus seimbang dan mengandung semua komponen seperti karbohidrat (nasi merah, gandum), protein (ikan laut, dada ayam) dan lemak baik (minyakikan, omega 3).
  • Olah raga. Olah ragalah teratur seminggu 3-5 kali dengan durasi minimal 30 menit. Sekedar berlari keliling sekitar rumah sudah cukup membantu!
  • kurangi stress! Stress berhubungan dengan peningkatan penyakit dan penurunan sistem imun anda! Jadi nikmati hidup anda, jalankan hobby anda dan tidurlah yang cukup

 

Setelah anda memiliki pola hidup yang sehat, maka pastilah anda akan terhindar dari penyakit dan mungkin bisa mencapai berat ideal.

Semoga informasi ini membantu (AN)

Salam

Tim redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar