Sukses

Nyeri saat mengambil nafas

18 Oct 2014, 20:41 WIB
Wanita, 23 tahun.
Hai Dok, Saya beberapa kali mengalami nyeri pada dada sebelah kiri. Nyeri itu terasa ketika saya menarik napas dalam dan rasanya sangat sakit. Tetapi nyerinya hanya terjadi sebentar dan kemudian hilang. Apakah hal tersebut wajar atau merupakan indikasi adanya suatu penyakit? Terima Kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan anda

Nyeri dada kiri dapat disebabkan oleh berbagai hal bisa sekedar nyeri akibat otot, paru atau nyeri dari jantung dan nyeri akibat lambung. Berikut beberapa ciri khas nyeri dada:

  • Nyeri akibat otot, biasanya terdapat riwayat trauma atau terbentur, ada kemerahan di sekitar kulit dan nyeri jika ditekan
  • Nyeri akibat paru: Pasien dengan nyeri dada akibat paru biasanya memiliki keluhan lain seperti sesak nafas, batuk, demam. Nyeri dada akibat paru baisanya disebabkan oleh infeksi paru atau selaput paru.
  • Nyeri akibat jantung: nyeri dirasakan seperti tertindih benda berat dan tidak dipengaruhi pernafasan. TErdapat keringat dingin. Riwayat tekanan darah tinggi dan diabetes meningkatkan risiko terjadinya penyakit ini.
  • Nyeri akibat lambung: Nyeri khususnya di daerah ulu hati, nyeri disertai mual, muntah. Rasa pahit di pangkal lidah juga daoat dijumpai,perut terasa begah dan bergas.

bahkan organ hati dan saluran empedu juga dapat memiliki sensasi sakit saat bernafas dalam. Jadi kemungkinannya sangat banyak. Bagaimana dengan nyeri anda? Jika nyeri anda tidak memenuhi berbagai kriteria diatas, bisa jadi nyeri itu akibat otot atau saraf saja. Namun akan lebih baik jika anda memeriksakan diri anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Semoga dengan pemeriksaan tersebut dapat memastikan bahwa keluhan anda benar bukan sesuatu yang serius.

Semoga informasi ini membantu. (AN)

Salam

Tim klik dokter

Semoga informasi ini membantu.

    0 Komentar

    Belum ada komentar